PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS III SD SE-GUGUS V ABIANSEMAL

IDA BAGUS MAS SUBAWA ., PROF. DR. NYOMAN DANTES ., PROF. DR. NI KETUT SUARNI, M.S .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar sains pada Siswa Kelas III SD Se-Gugus V Abiansemal. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 45 siswa. Data yang dikumpulkan adalah motivasi belajar dan hasil belajar sains. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, motivasi belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 120,476; p<0,05). Kedua, hasil belajar sains siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 20,716; p<0,05). Ketiga, secara simultan motivasi belajar dan hasil belajar sains antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : model pembelajaran berbasis masalah,motivasi belajar, hasil belajar sains

This study aims to determine the effect of problem-based learning model for learning motivation and learning outcomes of science in Class III SD Se-Force V Abiansemal. The design of this study using archetypal The Posttest Only Control Group with the kind of quasi experiment. These samples included 45 students. The data collected is the motivation to learn and tests to measure learning outcomes in science. Data were analyzed using statistical analysis techniques for windows MANOVA 17:00. Research results show that: First, students' motivation to learn the problem-based learning model is significantly better than students who take the learning to the conventional model (F = 120.476, p <0.05). Second, science learning outcomes of students who learn by problem-based learning model is significantly better than students who take the learning to the conventional model (F = 20.716, p <0.05). Third, simultaneously learning motivation and learning outcomes among students studying science with problem-based learning is significantly better than students
keyword : problem-based learning model, learning motivation, learning outcomes



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.