PENGARUH STATUS SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KOVARIABEL ETOS KERJA (STUDI PADA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS IX KECAMATAN ABIANSEMAL)

NI NYOMAN SUKASIH ., PROF. DR. NYOMAN DANTES ., DR. I GST. KETUT ARYA SUNU., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui perbedaan kinerja guru yang berstatus sertifikasi dan nonsertifikasi pada guru sekolah dasar segugus IX Kecamatan Abiansemal, Badung, 2) untuk mengetahui perbedaan kinerja guru yang berstatus sertifikasi dan nonsertifikasi pada guru segugus IX Kecamatan Abiansemal, Badung setelah kovariabel dikendalikan, dan 3) untuk mengetahui seberapa besar kontribusi etos kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar segugus IX Kecamatan Abiansemal, Badung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripsi kuantitatif dan data diolah dengan statistik inferensial. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan kuesioner. Observasi untuk mengamati kinerja guru, baik dari persiapan sampai dengan evaluasi, dan kuesioner untuk memperoleh data mengenai etos kerja guru. Penelitian ini dilakukan kepada 30 orang sampel guru secara acak. Dari jumlah populasi 66 orang guru. Hasil yang diperoleh adalah (1) tidak terdapat perbedaan antara kinerja guru berstatus sertifikasi dan nonsertifikasi pada sekolah dasar segugus IX Keamatan Abiansemal, Badung, (2) terdapat perbedaan kinerja guru berstatus sertifikasi dan nonsertifikasi pada sekolah dasar segugus IX Keamatan Abiansemal, Badung setelah kovariabel etos kerja dikendalikan, (3) etos kerja bekontribusi terhadap kinerja guru dengan koefisien 6,4%. Saran diberikan kepada guru-guru agar meningkatkan kinerjanya dan kepada kepala sekolah, pemerintah kabupaten untuk terus mendampingi untuk meningkatkan kualitas guru.
Kata Kunci : sertifikasi, kinerja guru, etos kerja

This study aims 1) to determine differences in teacher performance and nonsertifikasi certification status on a cluster of primary school teachers Abiansemal the District IX, Badung, 2) to determine the status of teacher performance differences nonsertifikasi on teacher certification and the District IX cluster Abiansemal, Badung after covariates controlled, and 3) to know how big contribution to the work ethic of a cluster of primary school teachers performance Abiansemal IX Subdistrict, Badung. This study uses a quantitative description of the study design and the data processed by inferential statistics. This study uses observation and questionnaires. Observations to observe teacher performance, both from the preparation to the evaluation, and a questionnaire to obtain data on teachers' work ethic. This study was conducted to 30 random samples of teachers of the total population 66 teachers.
keyword : certification, teacher performance, work ethic



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.