KONTRIBUSIKEPEMIMPINAN, IMBALAN DAN PELATIHAN TERHADAP BUDAYA ORGANISASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KABUPATEN JEMBRANA

Moh. Mastur Puji Rahayu

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kontribusi KepemimpinanTerhadap Budaya Organisasi, (2) Imbalan Terhadap Budaya Organisasi (3) Pelatihan Terhadap Budaya Organisasi, dan (4) Kepemimpinan, Imbalan dan Pelatihan Terhadap Budaya Organisasi Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2011/2012.

Populasi adalah seluruh guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Jembrana dengan sampel berjumlah 60 guru. Penelitian ini menggunakan rancangan expostfacto dengan teknik korelasional. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan lembar observasi model Likert.

Data dianalisis dengan análisis secara deskriptif dan dengan teknik regresi. Analisis deskriptif untuk mengetahui kecenderungan setiap variabel dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwaL1)Terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan dengan budaya organisasi di Madrasah Ibtidaiyah  Kabupaten Jembrana  melalui persamaan regresi Y =  102,502 + 0,607 X1 dengan kontribusi sebesar 46,70 %, sumbangan efektif sebesar 20,23 % dan determinasi parsial sebesar 10,17. (2) Terdapat korelasi yang signifikan antara Imbalan dengan budaya organisasi di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Jembrana melalui persamaan regresi Y = 59,475 + 0,602 X2dengan kontribusi sebesar 53,10 %, sumbangan efektif sebesar 28,79 % dan determinasi parsial sebesar 16,24 %. (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara pelatihan dengan budaya organisasi di Madrasah Ibtidaiyah  Kabupaten Jembrana melalui persamaan regresi Y =  62,077 + 0,766 X3 dengan kontribusi sebesar 47 %, sumbangan efektif sebesar 18,74 % dan determinasi parsial sebesar 11,09 %. (4) Terdapat korelasi yang signifikan secara bersama-sama antara kepemimpinan, Imbalan dan pelatihan dengan budaya organisasi di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Jembrana melalui persamaan regresi Y = 31,180 + 0,263 X1 + 0,447 X2 + 0,305 X3 dengan kontribusi sebesar 67,76 %, sumbangan efektif sebesar 67,76 % dan determinasi parsial sebesar 37,50 %

 

Kata Kunci : Kepeminpinan, Imbalan, Pelatihan, Budaya Organisasi.

 

ABSTRACT

This researchaimstoknow: (1) Contribution of Leadership Toward Organization Culture, (2) Repayment TowardOrganization Culture (3) TrainingToward Organization Culture, and (4) Leadership, RepaymentandTraining Toward OrganizationCulture of Islamic Elementary Schoolin Jembrana In The Academic Year 2011/2012.

Population is all of Islamic Elementary Schoolteachers in Jembrana withthe sampleamounts to60teachers. This research usesex postfactodesignwithcorrelationaltechniques.Datawere collectedbyquestionnairesandobservationsheets of Likertmodel.

Data were analyzedwithdescriptiveanalysisandregressiontechniques. The descriptiveanalysisto determine thetendency ofeachvariable to thecategory of veryhigh,high,medium, low, and verylow.

The results showed that: (1).There isa significant contributionbetween theorganizational climateand work performance of teachersofIslamic Elementary School in Jembrana through regression equation Y =  102,502 + 0,607 X1 by contribution amounts to 46,70 %, effective contribution amounts to 20,23 % and partial determination amounts to 13,50. (2) There isa significant contributionbetween teacher commitment and work performance of teachers of Islamic Elementary Schoolin Jembrana through regression equation Y = 51,544 + 0,824 X2 by contribution amounts to 53,10 %, effective contribution amounts to 28,79 % and partial determination amounts to 21,40 %. (3) There isa significant contributionbetween job satisfaction and work performance of teachers of Islamic Elementary Schoolin Jembrana through regression equation Y =  62,077 + 0,766 X3 by contribution amounts to 47 %, effective contribution amounts top 18,74 % and partial determination amounts to 11,20 % (4) There isa significant contributionjointlybetweenorganizational climate, teachercommitmentandjob satisfactionwith thework performanceof teachers of Islamic Elementary Schoolin Jembrana through regression equation Y = 31,180 + 0,263 X1 + 0,447 X2 + 0,305 X3 by contribution amounts to 67,76 %, effective contribution amounts to 67,76 % and partial determination amounts to 37,70 %.

Key words : Leadership, Repayment, Training, Organization Culture.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.