KONTRIBUSI PENDIDIKAN NILAI DALAM KELUARGA, DALAM MASYARAKAT DAN SIKAP RELIGIUSITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PATAS KABUPATEN BULELENG
Abstract
Mulyadi. (2011), Kontribusi Pendidikan Nilai dalam Keluarga,dalam Masyarakat dan Sikap Religiusitas Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Patas Kabupaten Buleleng. Tesis, Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof. Dr. I Made Yudana, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Naswan Suharsono. M.Pd
Kata kunci: pendidikan nilai dalam keluarga, dalam masyarakat, sikap religiusitas, prestasi belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi beberapa variabel, yaitu: (1) pendidikan nilai dalam keluarga, (2) pendidikan nilai dalam masyarakat, (3) sikap religiusitas, dan (4) pendidikan nilai dalam keluarga, dalam masyarakat dan sikap religiusitas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama pada Siswa MTs Negeri Patas di Kabupaten Buleleng.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Patas di Kabupaten Buleleng yang berjumlah 196 siswa. Sampling pada penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling, yang mengambil sampel pada siswa MTs Negeri Patas di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex-post facto. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner pendidikan nilai dalam keluarga, dalam masyarakat dan sikap religiusitas. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pendidikan nilai dalam keluarga dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 40,7% dan sumbangan efektif sebesar 22,85%. (2) terdapat hubungan yang positip dan signifikan antara pendidikan nilai dalam masyarakat dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 37,3 % dan sumbangan efektif sebesar 19,31%. (3) terdapat hubungan yang positip dan signifikan antara sikap religiusitas dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 36,5% dan sumbangan efektif sebesar 21,58%. (4) terdapat hubungan yang positip dan signifikan antara pendidikan nilai dalam keluarga, dalam masyarakat dan sikap religiusitas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar dengan koefisien determinasi sebesar 63,8%.
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara pendidikan nilai dalam keluarga, dalam masyarakat dan sikap religiusitas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada Siswa MTs Negeri Patas di Kabupaten Buleleng, baik secara terpisah maupun simultan. Dengan demikian, ketiga faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecenderungan prestasi belajar pendidikan agama siswa di Mts Negeri Kabupaten Buleleng.
ABSTRACT
Mulyadi. (2011), Contribution of Values Education in the Family, Religiosity and Attitudes in the Community Learning Education Achievement Against Religious Affairs at the junior secondary school students Patas Buleleng. Thesis, Program Educational Administration Studies, Graduate School of Education University of Ganesha,Singaraja.
This thesis has been approved and inspected by: Supervisor I: Prof. Dr. I Made Yudana, M.Pd. and Supervisor II: Prof. Dr. Naswan Suharsono. M. Pd
Key words: educational value in the family, in society, attitudes religiosity, school
Performance
This study aims to determine the size contribution several variables, namely: (1) the value of education in the family, (2) the value of education in society, (3) the attitude of religiosity, and (4) education in family values, religiosity and attitudes in the community together together towards achievement of Religious Education on Student MTs Patas in Buleleng.
The population in this study were junior secondary school students (MTs) in Buleleng Patas State, amounting to 196 students. The sampling in this study using proportional random sampling techniques, which take samples of the students in the District of MTs Patas Buleleng. The study was designed in the form of ex-post facto research. The data in this study were collected using a questionnaire education in family values, religiosity and attitudes in society. Data were analyzed using simple regression test and multiple regression test.
The results of this study indicate that: (1) there is a positive and significant relationship between educational values in families with student achievement with determination coefficient of 40.7% and the effective contribution of 22.85%. (2) there is a positive and significant relationship between educational values in the community with student achievement with determination coefficient of 37.3% and the effective contribution of 19.31%. (3) there is a positive and significant relationship between religiosity attitudes with student achievement with determination coefficient of 36.5% and the effective contribution of 21.58%. (4) there is a positive and significant relationship between educational values in the family, in society and the attitude of religiosity together on learning achievement with determination coefficient of 63.8%.
Based on these findings it can be concluded, that there is a significant correlation between educational values in the family, in society and the attitude of religiosity together toward student achievement on MTs in Buleleng Patas, either separately or simultaneously. Thus, these three factors can be used as predictors of the tendency of religious education learning achievement of students in the State District Buleleng Mts.
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.