KONTRIBUSI PRAKTEK KERJA INDUSTRI, BIMBINGAN KARIER KEJURUAN, DAN EKSPEKTASI KARIER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Pada Siswa Kelas XII Program Studi Keahlian Keuangan di SMKN 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016)

NI NYOMAN SUWARTINI ., PROF.DR.A.A. GEDE AGUNG, M.Pd. ., Dr. KADEK RIHENDRA DANTES,ST.,M.T .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi praktek kerja industri, bimbingan karier kejuruan, dan ekspektasi karier terhadap hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII program studi keahlian keuangan di SMKN 1 Singaraja tahun pelajaran 2015/2016). Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 orang, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 106 orang. Data di kumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang menggunakan skala likert. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan antara praktek kerja industri terhadap hasil belajar siswa program studi keahlian keuangan di SMKN 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016, 2) terdapat kontribusi yang signifikan antara bimbingan karir kejuruan terhadap hasil belajar siswa program studi keahlian keuangan di SMKN 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016, 3) terdapat kontribusi yang signifikan antara Ekspektasi karir siswa terhadap kompetensi hasil belajar siswa program studi keahlian keuangan di SMKN 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016, dan 4) terdapat kontribusi yang signifikan antara praktek kerja industri, bimbingan karir kejuruan, dan Ekspektasi karir siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa program studi keahlian keuangan di SMKN 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : praktek kerja industri, bimbingan karier kejuruan, ekspektasi karier, hasil belajar

The purpose of this study was to determine the contribution of the industry working practices, vocational career guidance and career expectations to the learning outcomes of students (studies in class XII student financial expertise studies program at SMK 1 Singaraja in the academic year 2015/2016). This research is ex post facto. The population in this study amounted to 157 people, while the samples used were 106 people. Data was collected using a questionnaire using Likert scale. The collected data were analyzed using simple regression, multiple regression, and partial correlation. Based on the research that has been conducted, showed that: 1) there is a significant contribution between the working practices of the industry on student learning outcomes of study program of financial expertise in SMK 1 Singaraja in the academic year 2015/2016, 2) there is a significant contribution between vocational career guidance to the results students learn financial skills courses at SMK 1 Singaraja in the academic year 2015/2016, 3) there is a significant contribution between students' career expectations for the competence of student learning outcomes of study program of financial expertise in SMK 1 Singaraja in the academic year 2015/2016, and 4) there is a contribution significant among the industrial working practices, vocational career guidance and career expectations of students together toward student learning outcomes of study program of financial expertise in SMK 1 Singaraja in the academic year 2015/2016.
keyword : industry working practices, vocational career guidance, career expectations, learning outcomes



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.2128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.