Kontribusi Biaya Pendidikan dan Pengelolaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Badung Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi biaya pendidikan dan pengelolaan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 1 Badung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Sampel penelitian ini sebanyak 169 siswa. Data biaya pendidikan dikumpulkan dengan metode angket, data pengelolaan pembelajaran dikumpulkan dengan metode kuesioner dan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi partial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) rata-rata biaya pendidikan yang dikeluarkan oleh masing-masing siswa Kelas X SMK PGRI 1 Badung pada tahun pelajaran 2015/2016 sebesar Rp. 11.343.000. 2) terdapat kontribusi yang signifikan biaya pendidikan dengan prestasi belajar siswa Kelas X SMK PGRI 1 Badung dengan Freg = 17,573 (p<0,05) dan sumbangan efektif sebesar 6,11%. 3) terdapat kontribusi yang signifikan pengelolaan pembelajaran dengan prestasi belajar siswa Kelas X SMK PGRI 1 Badung dengan Freg = 72,478 (p<0,05) dan sumbangan efektif sebesar 27,88%. Dan 4) terdapat kontribusi yang signifikan secara simultan antara biaya pendidikan dan pengelolaan pembelajaran dengan prestasi belajar siswa Kelas X SMK PGRI 1 Badung dengan Freg = 42,766 (p<0,05) dan sumbangan efektif sebesar 33,99%.
Kata kunci: biaya pendidikan, pengelolaan pembelajaran, prestasi belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Anonim, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidkan Nasional.
Artana,Kani I Nyoman. 2010. “Analisis Biaya Pendidikan Dan Pengaruhnya Terhadap Pengelolaan Pembelajaran Serta Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Tentang Persepsi Para Guru SMP Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2009/2010)”. Tesis. Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha
Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMK, 2015, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Markamah, Isrotul, dkk. 2013. Korelasi Antara Pengelolaan Kelas oleh Guru dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 39 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Tanjungpura Volume 2 Nomor 3.
Putri, Nadia Amanda. 2013. Analisis Pengaruh Biaya Pendidikan, Lingkungan Kampus dan Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Universitas Bakrie. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie Volume 1 Nomor 2.
Rinjin, Ketut et al. 2007, Biaya Satuan Pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Provinsi Bali Tahun 2005. Singaraja: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono, 2010. Statistik Untuk Penelitian, Bandung: CV Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2732
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.