Kontribusi Kecerdasan Emosional, Kreativitas dan Keterlibatan Dalam Kegiatan MGMP Terhadap Keterampilan Mengelola Pembelajaran Bahasa Indonesia Para Guru SMA di Kabupaten Badung

Ni Made Rosini, I Made Yudana, Anak Agung Gede Agung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecerdasan emosional, kreativitas dan keterlibatan dalam kegiatan MGMP terhadap keterampilan mengelola pembelajaran Bahasa Indonesia se-Kabupaten Badung. Penelitian ini tergolong ex-post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang dan keseluruhan menjadi sampel penelitian karena jumlah populasi di bawah 100. Data kecerdasan emosional, kreativitas, keterlibatan guru dalam MGMP dan keterampilan mengelola pembelajaran dikumpulkan dengan kuesioner model skala likert. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda 3 prediktor dan sumbangan efektif. Temuan penelitian ini adalah; (1) terdapat kontribusi yang signifikan  kecerdasan emosional terhadap keterampilan mengelola pembelajaran guru  melalui persamaan garis regresi  =45,510+ 0,775X1dengan kontribusi sebesar  40,2%.  dan sumbangan efektif sebesar 3,2%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan kreativitas guru  terhadap keterampilan mengelola pembelajaran guru melalui persamaan garis regresi:  = 21,721+ 0,869X2dengan kontribusi sebesar 62,3% dan sumbangan efektif sebesar 45,4%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan keterlibatan guru dalam MGMP guru terhadap keterampilan mengelola pembelajaran guru  melalui persamaan garis regresi  =66,397 + 0,578 X3dengan kontribusi sebesar 41,5% atau sumbangan efektif sebesar 14%, dan (4) secara bersama-sama  terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional, kreativitas guru, dan keterlibatan guru dalam MGMP terhadap keterampilan mengelola pembelajaran guru melalui persamaan garis regresi  = 15,332+ 0,066X1 + 0,673X2 + 0,206X3 dengan kontribusisebesar 62,6%. Dengan demikian maka ke tiga variabel tersebut dapat dijadikan predictor tingkat kecendrungan keterampilan mengelola proses pembelajaran guru SMA se-Kabupaten Badung.

 

Kata Kunci : kecerdasan emosional, kreativitas, keterlibatan dalam kegiatan MGMP,  Keterampilan Mengelola Pembelajaran

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2001a. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Panduan Monitoring dan Evaluasi. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Fattah, Nanang.. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung:CV.Pustaka Bani Quraisy.

Guilford, J.P. 1950. Fundamental Statistic in Psychology and Education. Tokyo: Kogakusha Company, Ltd.

Hadi, Sutrisno. 1997. Seri Pro




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.