Hubungan Sikap Profesional Guru, Disiplin Kerja, Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Mengwi

I Wayan Sudika, Nyoman Dantes, Nyoman Natajaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap profesional guru, disiplin kerja dan pengalaman kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Mengwi secara terpisah maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa SMA Negeri 1 Mengwi dengan jumlah sebanyak 218 orang siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis dengan regresi, korelasi dan analisis kontribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap profesional guru terhadap kinerja guru dengan kontribusi  sebesar 42,60 %  dan sumbangan efektif sebesar 19,30 %, (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 39,10 % dan sumbangan efektif sebesar 16,70 %, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman kerja terhadap kinerja guru dengan hubungan sebesar 42,20 % dan sumbangan efektif sebesar 27,80 %, dan (4) Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara sikap profesional guru, disiplin kerja, dan pengalaman kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 63,80 %. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap profesional guru, disiplin kerja dan pengalaman kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Mengwi secara terpisah maupun simultan.                                          

Kata kunci : sikap profesional guru, disiplin kerja, pengalaman kerja, kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Anggreni, Ni Made Ayu Dwi. 2013. Kontribusi Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas pengelolaan pembelajaran Bahasa Bali Bahasa Bali Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Se- Kabupaten Badung. e-Journal Vol 4. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Arikunto, Suharsimi. 1990. Prosedur Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Dantes, Prof. Dr. Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta:Andi offset.

Foster, Bill. 2001. Pembinaan Untuk Peningkatan Kinerja Karyawan. Jakarta : PPM.

Hamalik, Oemar.2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ridwan Sibuea.2011. Determinasi Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Komunikasi Antarpribadi Terhadap Persepsi Guru pada Kinerjanya SMPK.1 Harapan Denpasar . Tesis. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Soetjipto dan Kosasi, Raflis, 2004. Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sedarmayanti. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit PR.Refika Aditama, Bandung.

Semiawan, Conny. R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.

Syukur. 2001. Metode Penelitian dan Penyajian Data Pendidikan. Semarang:Medya Wiyata.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.