Studi Evaluatif Tentang Implementasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Program Studi Keahlian Agro Bisnis Produksi Tanaman SMKN 1 Petang

Ni Putu Siti Suantari, I Nyoman Natajaya, Made Yudana

Abstract


Studi evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Program Praktik Kerja Industri (prakerin) di Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman SMK N 1 Petang. Penelitian ini menggunakan model Context, Input, Process and Product (CIPP). Responden dalam penelitian ini berjumlah 89 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa di SMKN 1 Petang. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner model skala Likert yang mencakup komponen konteks, masukan, proses dan produk. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan terlebih dahulu mengubah skor menjadi skor t dan menentukan arahnya ke dalam kuadran Glickman. Temuan penelitian ini adalah; (1) dari segi konteks, penerapan Prakerin tergolong efektif, (2) dari segi masukan, penerapan prakerin tergolong efektif, (3) dari segi proses, penerapan prakerin tergolong efektif, dan (4) dari segi produk, penerapan prakerin tergolong efektif. Sehingga, berdasarkan kuadran Glickman (++++), penerapan Program Praktik Kerja Industri (prakerin) di Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman di SMKN 1 Petang berada dalam kategori efektif. Kendala utama yang masih dihadapi adalah masih kurangnya kerjasama pihak sekolah dengan pihak DU/DI baik dalam menyusun kurikulum, standar kompetensi lulusan yang diinginkan dan keterserapan siswa di dunia kerja.

Kata Kunci : prakerin, studi eveluatif


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, H Abu. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Budiningsih, C Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Chan, Sam M. (2005). Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: Grafindo

Danim, Sudarwan. 2003. Menjadi Komunitas Pembelajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Darmada, I Made. 2001. Kompetensi Kejuruan Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan di Denpasar dan sekitarnya. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta

Gunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gerungan. W. A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Hadiyanto .(2004). Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta

Hendrawati, Andriani. 2014. Kontribusi Sarana Prasarana Belajar, Bimbingan Karier Kejuruan, Dan Praktek Kerja Industri Terhadap Kompetensi Kejuruan Lulusan SMK Se-Kecamatan Karangasem. Tesis (Tidak diterbitkan ). Singaraja. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

`




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.