Analisis Determinasi Gaya Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manajemen Mutu, Lingkungan Kerja, dan Komitmen Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri 1 Mengwi

Gusti Ketut Putrayana, Anak Agung Gede Agung, I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, manajemen mutu,lingkungan kerja dan komitmen kerja terhadap kepuasan kerja Di SMA Negeri 1 Mengwi secara terpisah maupun simultan.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Di SMA Negeri 1 Mengwi dengan jumlah sampel sebanyak 70 jumlah guru. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto.Data dikumpulkan dengan kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis dengan regresi, korelasi dan analisis determinasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat determinasi yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja dengan sumbangan efektif sebesar 17,20%, (2) Terdapat determinasi yang signifikan antara manajemen mutu terhadap kepuasan kerja dengan sumbangan efektif sebesar 31,70%, (3) Terdapat determinasi yang signifikan antara lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dengan sumbangan efektif sebesar 11,70%, (4) Terdapat determinasi yang signifikan antara komitmen kerja terhadap kepuasan kerja dengan sumbangan efektif sebesar 16,50%, dan (5) Terdapat determinasi yang signifikan secara bersama-sama gaya kepemimpinan kepala sekolah, manajemen mutu, lingkungan kerja, dan komitmen kerja terhadap kepuasan kerja sebesar 76,90%. Dengan demikian keempat variabel di atas dapat dijadikan prediktor kecenderungan tingkat kepuasan kerja guru di SMA Negeri 1 Mengwi.                                                

Kata kunci: gaya kepemimpinan kepala sekolah, manajemen mutu, lingkungan kerja, komitmen kerja,  kepuasan kerja.


Full Text:

PDF

References


Endang, Setiawati. 2012. Kontribusi Lingkungan Kerja, Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru MAN Se Kabupaten Jembrana. E-Journal Vol. 3 No.1. Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Hersey, Paul dan Kenneth. H. Blanchard.2000. Manajemen Perilaku Organisasi : Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Terjemahan Agus Dharma,Erlangga: Jakarta.

Labasariyani Ni Luh Putu. 2011. komitmen guru terhadap tugas profesi ditinjau dari latar belakang pendidikan, pengalaman dalam pelatihan, dan konsep diri guru smk pgri 4 denpasar. Jurnal Vol 2. Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Librawati. 2013. Analisis Pengaruh Sikap Profesional, Iklim Kerja Sekolah, dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Sukawati. Journal. e-Journal Vol 4 Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Liska, Luh De. 2012. Faktor – Faktor Strategik Yang Mempengaruhi Pengembangan Kinerja Guru ( Studi Tentang Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Manajemen Mutu Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri dan Swasta Kecamatan Kuta Kabupaten Badung ). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Sedarmayanti. 1996. Tata Kerja Dan produktivitas Kerja, Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi atau Kaitan Antara Manusia dan Lingkungan Kerjanya. Cetakan Pertama. Penerbit Mandar Manju : Bandung.

Sudarwan Danim. 2011. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, dkk. 1989. Pedoman Praktek Mengajar. Bandung; Depdikbud.

Suroso, 2002. In Memorian guru. Yogyakarta : Jendela.

Syaiful, Sagala dan Anwar, Qomari. 2004. Profesi Jabatan Kependidikan dan Guru Sebagai Upaya Menjamin Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.

Steers, M Richard. (1985). Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Thoha, Miftah, 1995. Prilaku Organisasi Konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta:PT Raya Grafindo .




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.