Determinasi Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Berprestasi, dan Ketersediaan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran UN Siswa SMK Negeri 1 Petang

I Wayan Sucipta, Made Yudana, I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi status sosial ekonomi orang tua, motivasi berprestasi, dan ketersediaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran UN siswa SMK Negeri 1 Petang. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Sampel penelitian ini sebanyak 56 siswa. Data status sosial ekonomi orang tua, motivasi berprestasi, dan ketersediaan fasilitas belajar dikumpulkan dengan metode kuesioner, sedangkan data prestasi belajar mata pelajaran UN dikumpulkan berdasarkan nilai ulangan umum semester siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi partial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat determinasi yang signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran UN siswa SMK Negeri 1 Petang, dengan sumbangan efektif sebesar 22,06%, (2) terdapat determinasi yang signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran UN siswa SMK Negeri 1 Petang, dengan sumbangan efektif sebesar 16,87%, (3) terdapat determinasi yang signifikan ketersediaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran UN siswa SMK Negeri 1 Petang, dengan sumbangan efektif sebesar 20,64%, dan (4.) terdapat determinasi yang signifikan secara bersama-sama (simultan) status sosial ekonomi orang tua, motivasi berprestasi, dan ketersediaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran UN siswa SMK Negeri 1 Petang, dengan sumbangan efektif sebesar 59,57%.

 

Kata kunci: status sosial ekonomi orang tua, motivasi berprestasi, ketersediaan fasilitas belajar, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi & Supriyono Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka. Cipta.

Aryadewi, Ayu Putu Dyah. 2012. Determinan Motivasi Kerja, Status Sosial Ekonomi, dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Niat Berwiraswasta Siswa SMK Pariwisata Triatma Jaya Dalung Kabupaten Badung Propinsi Bali. E-Jurnal Pascasarjana Undiksha Volume 3 Nomor 2.

Gerungan. 1991. Psikologi Sosial. PT. Eresco. Bandung. Faisal

Hamzah. B. Uno. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartono, Kartini, 1985, Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi, Jakarta,. CV Rajawali.

Katili, N Sundoro. 2013. Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Jembrana. E-Jurnal Pascasarjana Undiksha Volume 3 Nomor 1.

McClelland, David. 1976. The Achievement Motive. Irvington Publishers, Inc. New York.

Muhibbin, Syah. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Raya Grafindo

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sastrayasa, Dewa Putu. 2015. Analisis tentang Biaya Pendidikan Ditinjau dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa Sekolah Dasar di Desa Cemagi dalam Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Tesis. Tidak diterbitkan. Pascasarjana Undiksha.

Siti Partini. 1998. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Studing Press.

Sukada, I Ketut. 2013. Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. E-Jurnal Pascasarjana Undiksha Volume 4 Nomor 1.

The Liang Gie. 2002. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan

Studi.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.