Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng

Ni Putu Aryantini, Anak Agung Gede Agung, Kadek Rihendra Dantes

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kinerja guru seperti rata-rata UKG Nasional tahun 2015 hanya 53,02 dan hasil UTN dari PLPG tahun 2017 hanya 44 % yang lulus, dimana hal ini dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternalnya adalah implementasi manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana, kepemimpinan pelayan kepala sekolah, dan budaya sekolah. Faktor internalnya adalah kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi implementasi manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana, kepemimpinan pelayan kepala sekolah, budaya sekolah, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dengan desain penelitian deskriptif dan korelasional. Penelitian ini termasuk studi populasi yaitu 110 orang guru PNS. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kondisi kinerja guru berada pada kategori sangat baik (82,73 %), manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana pada kategori baik (82,73 %), kepemimpinan pelayan kepala sekolah pada kategori sangat baik (74,55 %), budaya sekolah pada kategori baik (88,18 %), dan kepuasan kerja pada kategori sangat baik 75,45 %). Serta (1) ada kontribusi secara langsung yang signifikan implementasi manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana terhadap kepuasan kerja guru dengan koefisien jalur 0,295; (2) ada kontribusi secara langsung yang signifikan kepemimpinan pelayan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru dengan koefisien jalur 0,404; (3) ada kontribusi secara langsung budaya sekolah terhadap kepuasan kerja guru dengan koefisien jalur 0,170; (4) ada kontribusi secara langsung yang signifikan implementasi manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur 0,321; (5) ada kontribusi secara langsung yang signifikan kepemimpinan pelayan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur 0,156; (6) ada kontribusi secara langsung yang signifikan budaya sekolah terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur 0,255; (7) ada kontribusi secara langsung yang signifikan kepuasan kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur 0,383; (8) ada kontribusi secara tidak langsung yang signifikan implementasi manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana terhadap kinerja guru  melalui kepuasan kerja dengan koefisien jalur 0,295 dan 0,383; (9) ada kontribusi secara tidak langsung yang signifikan kepemimpinan pelayan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja dengan koefisien jalur 0,404 dan 0,383; (10) ada kontribusi secara tidak langsung yang signifikan budaya sekolah terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja dengan koefisien jalur 0,170 dan 0,383; (11) ada kontribusi secara simultan yang signifikan implementasi manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana, kepemimpinan pelayan kepala sekolah, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja dengan koefisien jalur 0,295; 0,404; 0,170; 0,383; (12) ada kontribusi secara simultan yang signifikan implementasi manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana, kepemimpinan pelayan kepala sekolah, budaya sekolah, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,619 (61,9 %) dengan koefisien jalur 0,321; 0,156; 0,255; dan 0,383.

 

Kata kunci: manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal tri hita karana, kepemimpinan pelayan kepala sekolah, budaya sekolah, kepuasan kerja, dan kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede, & Sudiarta, Putu I Gusti. 2017. Developing School Management Model Based on Balinese Local Wisdom. Tersedia pada Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 134. 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017). Diakses 21 Januari 2018.

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang : Aditya Media Publishing.

Agung, A.A. Gede. 2009. Hubungan Kepemimpinan Transformasional, Kelelahan Emosional, Karakteristik Individu, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasional pada Guru SMA di Kota Denpasar. Disertasi. Malang: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

As'ad. 2003. Kepemimpinan Efektif Dalam Perusahaan. Ed.2. Yogyakarta; Liberty.

Buchori, M. 1994. Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia. Yokyakarta: Tiarawacana.

Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi:Aplikasi ITEMEN dan BIOSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Candiasa, I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat:Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Depdiknas. 2007. Pedoman Penjaminan Mutu Sekolah/Madrasah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Gibson, J. L. dan Ivancevich, JM. 1996. Organizations: Behavior, Structure, and Process. Plano: Business Publication.

Hasibuan, M.S. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Irianto, Agus. H. 2003. Statistik Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan; Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Undiksha Press.

Kusuma., I.B. 2000. THK dalam Kehidupan Masyarakat Bali, makalah disampaikan dalam seminar THK pada tahun 2000, Pusaka, Denpasar.

Lantu, Donald, Erich Pesiwarissa, Agusman Rumahorbo. 2007. Servant Leadership. Yogyakarta: Gradien Books.

Margono, S. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Muhadjir, 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Yokyakarta: Rake Sarasin.

Mulyadi, Deddy. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayan (Konsep dan Aplikasi administrasi, Manajemen, dan Organisasi Modern). Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Mulyasa, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik Implementasi. Bandung: Rosda Karya.

Nawawi, H. 1982. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Gunung Agung.

Owens, R.G.1987. Organizional Behavior in Education. New Jersey. Prentice Hall Inc.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi Sebagai Daerah Otonom.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan.

Prime, Ranchore. 2006. Tri Hita Karana Ekologi Ajaran Hindu Benih-benih Kebenaran. Surabaya: Penerbit Paramita.

Putra. 2005. Cudamani Kumpulan Kuliah-Kuliah agama Hindu. Bali: Kanwil Dep. Agama Provinsi Bali.

Robbins, S. P. 2003. Perilaku Organisasi, Edisi Indonesia. Jakarta: PT. Indek Kelompok Gramedia.

Robbins, P. & Alvy, H. 2004. The New Principal’s Fieldbook : Strategies for Success. Alexandria, Virginia USA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Siagian, S.P. 2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT Asdi Mahayasa.

Snell, S. A. 1992. Control Theory In Strategic Human Resource Management: The Mediating Effect Of Administrative Information. Academy of Management Journal, 35, 292-327.

Sonhadji, A. 1994. Teknik Pengumpulan Data dan Analisa Data dalam Penelitian Kualitatif. Malang: Kalimashada Press.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tjahjono, H.K. 2006. Budaya Organisasional & Balanced Scorecard: Dimensi Teory dan Praktik. Yokyakarta: UPFE-UMY.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wahab, A.A. 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan: Telaah Terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Abd, & Umiarso. 2011. Kepemimpinan Kependidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta:AR-Ruzz Media.

Werang, B. R. 2011. Faktor-faktor Penentu Kualitas Kinerja Guru. Malang: Penerbit Elang Mas.

Wiana, I Ketut. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya: Penerbit Paramita.

Windia, W dan B. Ashrama. 2005. Mengukur Penerapan Konsep THK, dalam Buku Panduan THK Awards and Accreditation tahun 2005, Green Paradise. Denpasar.

Windia, W. dan Dewi, R.K. 2011. Analisis Bisnis berlandaskan Tri Hita Karana. Denpasar: Udayana University Press.

Yasmini, 2015. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru-Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Kuta Utara. Tesis tidak diterbitkan. Singaraja: Undiksha.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.