Determinasi Iklim Sekolah, Motivasi Berprestasi, Kebutuhan Peralatan Praktek Terhadap Hasil Belajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental Peserta Didik Boga Kelas XI Di SMK Negeri 2 Singaraja

Authors

  • Ni Luh Juniasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Rihendra Dantes Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2779

Abstract

Pencapain determinasi iklim sekolah, motivasi berprestasi, kebutuhan peralatan praktek terhadap hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan kontinental peserta didik boga kelas XI di SMK Negeri 2 Singaraja masih rendah. Oleh sebab itu perlu dilakukannya upaya peningkatan iklim sekolah, motivasi berprestasi, kebutuhan peralatan praktek untuk peningkatan hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan kontinental peserta didik boga kelas XI di SMK N 2 Singaraja. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui (1) determinasi iklim sekolah terhadap hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan kontinental peserta didik boga kelas XI di SMK N 2 Singaraja, (2) determinasi motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan kontinental peserta didik boga kelas XI di SMK N 2 Singaraja, (3) determinasi kebutuhan peralatan praktek terhadap hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan kontinental peserta didik boga kelas XI di SMK N 2 Singaraja, (4) determinasi iklim sekolah, motivasi berprestasi, kebutuhan peralatan praktek terhadap hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan kontinental peserta didik boga kelas XI di SMK N 2 Singaraja. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI boga SMK N 2 Singaraja berjumlah 100 orang. Instrumen penelitian ini terdiri dari kuesioner iklim sekolah, kuesioner motivasi berprestasi, kuesioner kebutuhan peralatan praktek dan tes hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan kontinental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) iklim sekolah sebesar 0,02%, motivasi berprestasi sebesar 0,56 %, kebutuhan peralatan praktek sebesar 0,12% signifikan terhadap hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan kontinental sebesar 78,62%.

Kata Kunci: iklim sekolah, motivasi berprestasi, kebutuhan peralatan praktek, hasil belajar

References

Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.

Agung, A. A. G. 2015. Statistikan Inferensial (Disertasi Aplikasi SPSS). Singaraja:Undiksha

Arikunto,S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.

Hamzah B. Uno.2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet. 1990. Pondasi Pendidikan Kejuruan. Lembaran Perkuliahan. Yogyakarta: Pascasarjana IKIP Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Takarin, Elly, dkk. 2012. Mengolah Makanan Kontinental. Bandung: Acarya Media Utama.

Winardi, J. 2004. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wirawan, Willy Artha, 2015. â€Analisis Kebutuhan Perlengkapan Bengkel Otomotif Sesuai Persyaratan Standar BNSPâ€. No 2, (hlm.2).

Downloads

Published

2018-08-31

Issue

Section

Articles