Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Ilmu Gizi Siswa Kelas X Jurusan Tata Boga di SMKN 2 Singaraja

I Gusti Ayu Made Sukelasmini, I Nyoman Natajaya, I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar ilmu gizi siswa kelas X Jurusan Tata Boga di SMKN 2 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian semu dengan pola “The Posttest-Only Control Design”.denganbesar sampel 72 orang. Data dikumpulkan dengan tes.Analisis data dilakukan dengan Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapatpengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray  terhadap hasil belajar ilmu gizi siswa kelas X Jurusan Tata Boga di SMKN 2 Singaraja. Kualifikasi hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berada pada katagori sangat tinggi, dan  hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional berada pada katagori tinggi. 2) terdapatterdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray  terhadap hasil belajar ilmu gizi siswa kelas X Jurusan Tata Boga di SMKN 2 Singaraja setelah kovariabel kompetensi pedagogik guru. 3) terdapatterdapat kontribusi yang signifikan kovariabel kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar ilmu gizi siswa.Berdasarkan temuan-temuan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berpengaruh terhadap hasil belajar baik sebelum maupun setelah kovariabel kompetensi pedagogik dikendalikan.

 

Kata kunci: TSTS, kompetensi pedagogik, hasil belajar

 


Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan.Yogyakarta; Depublish.

Arikunto, S. 2005. Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Lindgren, H.C.1967. Educational Psychology in The Calssroom. New York: Wiley and Sons.

Rosmawati, Iros. 2013.Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Sub Bab Menentukan Kelipatan dan Faktor Bilangan (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV MI Bangsal). E-journal.Program Peningkatan Kualifikasi S-1 Bagi Guru Mi dan Pai Melalui Dual Mode System (DMS) LPTK Iainsyekh Nurjati Cirebon.

Rusyana, Yus. 2006. Peranan Tradisi Lisan dalam Ketahanan Budaya. Jakarta: Direktorat.

Sri Mahyuni, Ni Wayan. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Kimia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selemadeg Ditinjau Dari Gaya Berpikir. e-journal UniversitasPendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan. Volume 5 Tahun 2013.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.