Kontribusi Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Iklim Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha

Gede Widiartana, Made Yudana, Sudirman Sudirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Iklim Kerja, dan Kepuasan Kerja  Terhadap Kinerja Pegawai di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan besar sampel 38 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan dengan kinerja pegawai di Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,593, kontribusi sebesar 35,2% dan sumbangan efektifnya sebesar 12,48%. (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja pegawai di Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha, dengan koefisien korelasi sebesar 0,833, kontribusi sebesar 69,4% dan sumbangan efektifnya sebesar 42,51%. (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara iklim kerja dengan kinerja pegawai di Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,684, kontribusi sebesar 46,8% dan sumbangan efektifnya sebesar 13,51%.( 4) terdapat kontribusi yang signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja pegawai di Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,769,  kontribusi sebesar 59,2% dan sumbangan efektifnya sebesar 17,31%. 5) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan, motivasi kerja, iklim kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,926 dan kontribusinya sebesar 85,8% terhadap kinerja pegawai di Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha.

 

Kata kunci: kepemimpinan, motivasi kerja, iklim kerja, kepuasan kerja, kinerja pegawai


Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Deikme, Pilatus. 2013. Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi Pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai bagian Keuangan Sekda Kabupaten Mimika Provinsi Papua. Jurnal Emba. Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal.980-986

Hamzah, B. Uno. 2001. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.

Hoy, Wayne K & Cecil G Miskel. 2008. Educational Administration: Theory, Research, and Practice. Singapure: Mc Graw-Hill Co.

Kerlinger, Fred N. 2004. Asas-asas Penelitian Behavioral. Edisi Ketiga. Diterjemahkan oleh Landung R. Simatupang. 1986. Foundation of Behavioral Research. Third Edition. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kerlinger. 2002. Korelasi dan Analisis Regresi Ganda. Yogyakarta : Nur Cahya

Luthans, Fred. 1995. Organizational Behavior. Mc.Graw Hill International, New York.

Mudiartha. 2017. Pengaruh Stres Kerja, Kepuasan Kerja dan Iklim Organisasi terhadap Turnover Intention Karyawan CV. Dharma Siadja. e-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 6, 2017: 3314-3341.

Nadeak, G. Bernadetha. 2016. The Effect Of The Cultural Organization, Leadership, Job Satisfaction, and Organizational Citizenship Behavior Lecturer In The Christian University Of Indonesia. Jurnal Ilmiah Educational Management. Vol.7, No.1.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaka. Edisi Keenam. Jakarta: PT.Bhuana Ilmu Populer.

Siagian, Sondang P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi. Aksara

Subhan. 2017. Analisis Pengawasan dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja pada Polres Semarang. Seminar Nasional dan Call for Paper 2017. Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No.20 Tahun 2017.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Wijana dan Muhammad Rohmadi. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.