Kontribusi Kepemimpinan, Kecerdasan Spiritual, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Rektorat Undiksha
DOI:
https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2784Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan, kecerdasan spiritual, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto†dengan besar sampel 117 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,464 dan sumbangan efektifnya sebesar 7,61%. 2) ada kontribusi yang signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha. dengan koefisien korelasi sebesar 0,503 dan sumbangan efektifnya sebesar 9,04%. 3) ada kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,592 dan sumbangan efektifnya sebesar 14,65%. 4) ada kontribusi yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,574 dan sumbangan efektifnya sebesar 17,83%. 5) secara bersama-sama, ada kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan, kecerdasan spiritual, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,701 dan kontribusinya sebesar 49,1% terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha.
Â
Kata kunci: kepemimpinan, kecerdasan spiritual, motivasi kerja, kepuasan kerja, kinerja pegawai
References
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta; Depublish.
Aksara, I Pt Batu. 2013. Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan Spiritual, Etos Kerja dan Etika Moral Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Hindu SMK di Kota Denpasar. E-Jurnal Pascasarjana Undiksha Volume 4 Nomor 1.
Arikunto, Suharsimi. 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.
Handoko T. Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Edisi II, Cetakan Keempat Belas. Yogyakarta: BPFE.
Handoko, T. Hani. 1995. Manajemen. Yogyakarta: BPFE
Hariandja, Marihot T.E, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo
Suardana, Putu. 2015. Kontribusi Persepsi Guru Tentang Gaya Kepemimpinan Pemimpin, Motivasi Kerja dan Etos Kerja terhadap Kinerja Pegawai Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Tabanan. e-Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 6, No 1.
Robbins, Stephen P. and Coulter, Mary. 2012. Management. New Jersey: Pearson.
Robbins SP, dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi Buku 2,.Jakarta : Salemba Empat
Sinambela, Lijan. 2012. Kinerja Pegawai: Teori, Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Subawa, I Made. 2015. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Berprestasi, Terhadap Kinerja Guru PNS pada SMP Negeri Di Kecamatan Gerokgak. e-Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 6, No 1.
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Wirata, I Made Suka. 2015. Kontribusi Supervisi Bimbingan Konseling, Iklim Kerja Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pembimbing SMA se Kabupaten Tabanan. e-Jurnal Pascasarjana Undiksha Volume 6 Nomor 1.