Kontribusi Kepemimpinan, Kecerdasan Spiritual, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Rektorat Undiksha
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan, kecerdasan spiritual, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan besar sampel 117 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,464 dan sumbangan efektifnya sebesar 7,61%. 2) ada kontribusi yang signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha. dengan koefisien korelasi sebesar 0,503 dan sumbangan efektifnya sebesar 9,04%. 3) ada kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,592 dan sumbangan efektifnya sebesar 14,65%. 4) ada kontribusi yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,574 dan sumbangan efektifnya sebesar 17,83%. 5) secara bersama-sama, ada kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan, kecerdasan spiritual, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,701 dan kontribusinya sebesar 49,1% terhadap kinerja pegawai di lingkungan Rektorat Undiksha.
Kata kunci: kepemimpinan, kecerdasan spiritual, motivasi kerja, kepuasan kerja, kinerja pegawai
Full Text:
PDFReferences
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta; Depublish.
Aksara, I Pt Batu. 2013. Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan Spiritual, Etos Kerja dan Etika Moral Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Hindu SMK di Kota Denpasar. E-Jurnal Pascasarjana Undiksha Volume 4 Nomor 1.
Arikunto, Suharsimi. 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.
Handoko T. Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Edisi II, Cetakan Keempat Belas. Yogyakarta: BPFE.
Handoko, T. Hani. 1995. Manajemen. Yogyakarta: BPFE
Hariandja, Marihot T.E, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo
Suardana, Putu. 2015. Kontribusi Persepsi Guru Tentang Gaya Kepemimpinan Pemimpin, Motivasi Kerja dan Etos Kerja terhadap Kinerja Pegawai Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Tabanan. e-Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 6, No 1.
Robbins, Stephen P. and Coulter, Mary. 2012. Management. New Jersey: Pearson.
Robbins SP, dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi Buku 2,.Jakarta : Salemba Empat
Sinambela, Lijan. 2012. Kinerja Pegawai: Teori, Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Subawa, I Made. 2015. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Berprestasi, Terhadap Kinerja Guru PNS pada SMP Negeri Di Kecamatan Gerokgak. e-Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 6, No 1.
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Wirata, I Made Suka. 2015. Kontribusi Supervisi Bimbingan Konseling, Iklim Kerja Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pembimbing SMA se Kabupaten Tabanan. e-Jurnal Pascasarjana Undiksha Volume 6 Nomor 1.
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.