Kontribusi Praktik Kerja Industri (Prakerin), Disiplin Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Tata Graha Siswa Kelas XII Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 2 Singaraja

Authors

  • Luh Suardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ketut Arya Sunu Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2785

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi praktik kerja industri (prakerin), disiplin belajar, motivasi berprestasi, dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Tata Graha. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto†dengan besar sampel 113 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan prakerin terhadap hasil belajar Tata Graha dengan koefisien korelasi sebesar 0,605, korelasi parsial sebesar 0,272 dan sumbangan efektifnya sebesar 13,18%. 2) terdapat kontribusi yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar Tata Graha dengan koefisien korelasi sebesar 0,734, korelasi parsial sebesar 0,225 dan sumbangan efektifnya sebesar 20,44%. 3) ada kontriubusi yang signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Tata Graha dengan koefisien korelasi sebesar 0,486, korelasi parsial sebesar 0,229 dan sumbangan efektifnya sebesar 7,89%. 4) terdapat kontribusi yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar Tata Graha dengan koefisien korelasi sebesar 0,733, korelasi parsial sebesar 0,241 dan sumbangan efektifnya sebesar 21,66%. 5) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan prakerin, disiplin belajar, motivasi berprestasi, dan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar Tata Graha pada siswa kelas XII Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 2 Singaraja dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,794 dan kontribusinya sebesar 63,10% terhadap hasil belajar Tata Graha siswa kelas XII Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 2 Singaraja.

 

Kata kunci: praktik kerja industri, disiplin belajar, motivasi berprestasi, kompetensi pedagogik, hasil belajar Tata Graha

References

Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta; Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 1995.Manajemen Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

Costa, dkk. 2014. Pedagogical Interaction and Learning Performance as Determinants of Academic Achievement. International Journal ICEEPSY 2015 halaman 874-881.

Faozi, Amin. 2013. Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan.e Journal IKIP Veteran Semarang.Gardan. Vol. 3 No. 2.

Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksana.

Juliantara, I Putu Bambang. 2013. Determinasi Motivasi Berprestasi, Kebiasaan Belajar, dan Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru Terhadap Prestasi Belajar Praktik (Studi Persepsi Siswa Seni Rupa Di SMKN 1 Sukawati). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan. Volume 4.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 323/U/1997 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabet.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Sunaryo. 2009. Manajemen Risiko Finansial. Jakarta: Salemba Empat.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen

Widiantara, Made. 2013. Determinasi Kualitas Pengelolaan Pembelajaran, Disiplin Belajar, Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas X SMK PGRI 5 Denpasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Sudi Administrasi Pendidikan. Volume 4 No. 1.

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles