Kontribusi Praktik Kerja Industri (Prakerin), Disiplin Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Tata Graha Siswa Kelas XII Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 2 Singaraja

Luh Suardani, I Nyoman Natajaya, I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi praktik kerja industri (prakerin), disiplin belajar, motivasi berprestasi, dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Tata Graha. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan besar sampel 113 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan prakerin terhadap hasil belajar Tata Graha dengan koefisien korelasi sebesar 0,605, korelasi parsial sebesar 0,272 dan sumbangan efektifnya sebesar 13,18%. 2) terdapat kontribusi yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar Tata Graha dengan koefisien korelasi sebesar 0,734, korelasi parsial sebesar 0,225 dan sumbangan efektifnya sebesar 20,44%. 3) ada kontriubusi yang signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Tata Graha dengan koefisien korelasi sebesar 0,486, korelasi parsial sebesar 0,229 dan sumbangan efektifnya sebesar 7,89%. 4) terdapat kontribusi yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar Tata Graha dengan koefisien korelasi sebesar 0,733, korelasi parsial sebesar 0,241 dan sumbangan efektifnya sebesar 21,66%. 5) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan prakerin, disiplin belajar, motivasi berprestasi, dan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar Tata Graha pada siswa kelas XII Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 2 Singaraja dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,794 dan kontribusinya sebesar 63,10% terhadap hasil belajar Tata Graha siswa kelas XII Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 2 Singaraja.

 

Kata kunci: praktik kerja industri, disiplin belajar, motivasi berprestasi, kompetensi pedagogik, hasil belajar Tata Graha


Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta; Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 1995.Manajemen Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

Costa, dkk. 2014. Pedagogical Interaction and Learning Performance as Determinants of Academic Achievement. International Journal ICEEPSY 2015 halaman 874-881.

Faozi, Amin. 2013. Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan.e Journal IKIP Veteran Semarang.Gardan. Vol. 3 No. 2.

Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksana.

Juliantara, I Putu Bambang. 2013. Determinasi Motivasi Berprestasi, Kebiasaan Belajar, dan Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru Terhadap Prestasi Belajar Praktik (Studi Persepsi Siswa Seni Rupa Di SMKN 1 Sukawati). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan. Volume 4.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 323/U/1997 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabet.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Sunaryo. 2009. Manajemen Risiko Finansial. Jakarta: Salemba Empat.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen

Widiantara, Made. 2013. Determinasi Kualitas Pengelolaan Pembelajaran, Disiplin Belajar, Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas X SMK PGRI 5 Denpasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Sudi Administrasi Pendidikan. Volume 4 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.