Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Pariwisata Siswa Kelas XI Jurusan Perhotelan di SMKN 2 Singaraja

Authors

  • Siti Nurul Rahmah Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ketut Arya Sunu Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2787

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (SFAE) dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar Pengantar Pariwisata.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian semu dengan pola “The Posttest-Only Control Designâ€.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Jurusan Perhotelan di SMKN 2 Singaraja sebanyak 158 siswa.Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan besar sampel 77 orang.Data dikumpulkan dengan tes yaitu tes objektif.Analisis data dilakukan dengan Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE (Student Facilitator and Explaining) terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran Pengantar Pariwisata. Prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE lebih tinggi dari pada prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Kualifikasi prestasi belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE berada pada katagori sangat tinggi sedangkan  prestasi belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional berada pada katagori tinggi.(2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran Pengantar Pariwisata setelah kovariabel kompetensi pedagogik dikendalikan. (3) terdapat kontribusi yang signifikan kovariabel kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar Pengantar Pariwisata. Berdasarkan temuan-temuan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe SFAE berpengaruh  yang signifikan terhadap prestasi belajar pengantar pariwisata baik sebelum maupun setelah kovariabel kompetensi pedagogik dikendalikan

Kata kunci: SFAE (Student Facilitator and Explaining) kompetensi pedagogik, prestasi belajar

References

Agung, AA.G.2014. MetodologiPenelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Arikunto, S. 2001. Prosedur Penelitian, Suatu Pendeketan Praktek. Jakarta:Bina Aksara

Hamzah, B. U. 2007.Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.

Istarani.2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (referensi Guru Dalam Menentukan model Pembelajaran). Medan: Media Persada

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Cipta Cekas Grafika.

Pande, Km. 2013. yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD Negeri 2 Gianyar. E-Jurnal Mimbar PGSD Volume 1 Nomor 1.

Fitriyani, D. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran SFAE (Student Facilitator and Explaining) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Perkembangan Demokrasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara (Studi Pada Kelas XI SMAN 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Tesis. Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Articles