Kontribusi Ekspektasi Karir, Motivasi Berprestasi, Kompetensi Pedagogik Guru, dan Sarana Prasarana Sekolah Terhadap Hasil Belajar Praktikum Siswa Kelas X Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 2 Singaraja

Ni Putu Triastuti Kawisari, I Nyoman Natajaya, I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi ekspektasi karir, motivasi berprestasi, kompetensi pedagogik guru, dan sarana prasarana sekolah terhadap hasil belajar praktikum siswa kelas X Jurusan Tata Boga Di SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan besar sampel 103 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan ekspektasi karir terhadap hasil belajar Praktikum pada siswa kelas X Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 2 Singaraja dengan koefisien korelasi sebesar 0,763, korelasi parsial 0,565 dan sumbangan efektifnya sebesar 36,42%. 2) terdapatkontribusi yang signifikan  motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Praktikum pada siswa kelas X Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 2 Singaraja. dengan koefisien korelasi sebesar 0,475, korelasi parsial 0,206 dan sumbangan efektifnya sebesar 5,97%. 3) terdapatkontribusi yang signifikan  kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar Praktikum pada siswa kelas X Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 2 Singaraja dengan koefisien korelasi sebesar 0,672, korelasi parsial 0,391 dan sumbangan efektifnya sebesar 19,38%. 4) terdapatkontribusi yang signifikan  sarana prasarana sekolah terhadap hasil belajar Praktikum pada siswa kelas X Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 2 Singaraja dengan koefisien korelasi sebesar 0,663, korelasi parsial 0,211 dan sumbangan efektifnya sebesar 10,39%. 5) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan ekspektasi karir, motivasi berprestasi, kompetensi pedagogik, dan sarana prasarana sekolah terhadap hasil belajar Praktikum pada siswa kelas X Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 2 Singaraja dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,849 dan kontribusinya sebesar 72,16% terhadap hasil belajar Praktikum siswa kelas X Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 2 Singaraja.

 

Kata kunci: ekspektasi karir, motivasi berprestasi, kompetensi pedagogik, sarana prasarana sekolah, hasil belajar Praktikum


Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.

Irmayanti Kusuma, Luh Putu Susy. 2013. Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran, Kemampuan Verbal, dan Ekspektasi Karir Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa IPA pada SMA Negeri Di Kecamatan Tabanan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013).

Priyanti, Dede. 2014. Kontribusi Informasi Karir, Bimbingan Karir dan Ekspektasi Karir Terhadap Kompetensi Lulusan SMALB Di SLB.B Negeri Pembina Tingkat Nasional Jimbaran. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 5 Tahun 2014).

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 1997. Statistika II. Bandung: Transito

Suniadi, Ni Nyoman Ayu. 2013. Analisis Kontribusi Disiplin Belajar, Ekspektasi Karir, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013).




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.