Kontribusi Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Pegawai Laboratorium di Undiksha

I Gede Siden Sudaryana, Made Yudana, Sudirma Sudirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan, motivasi kerja, iklim kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen pegawai laboratorium di Undiksha. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan besar sampel 47 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan terhadap komitmen pegawai Laboratorium di Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,748 dan sumbangan efektifnya sebesar 24,37%. 2) ada kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap komitmen pegawai Laboratorium di Undiksha. dengan koefisien korelasi sebesar 0,604 dan sumbangan efektifnya sebesar 13,91%. 3) ada kontribusi yang signifikan antara iklim kerja terhadap komitmen pegawai Laboratorium di Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,692 dan sumbangan efektifnya sebesar 20,59%. 4) ada kontribusi yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap komitmen pegawai Laboratorium di Undiksha dengan koefisien korelasi sebesar 0,664 dan sumbangan efektifnya sebesar 20,44%. 5) secara bersama-sama, ada kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan, motivasi kerja, iklim kerja, dan kepuasan kerja terhadap komitmen pegawai Laboratorium di Undiksha dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,891 dan kontribusinya sebesar 79,3% terhadap komitmen pegawai Laboratorium di Undiksha.

 

Kata kunci: kepemimpinan, motivasi kerja, iklim kerja, kepuasan kerja, komitmen pegawai


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Buchari, Alma. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan kedelapan. Bandung: Alfabeta.

Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.

Hariandja, Marihot T.E, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Mangkunegara, A.P. 2015. Effect of Work Discipline, Work Motivation and Job Satisfaction on Employee Organizational Commitment in the Company (Case Study in PT. Dada Indonesia). Universal Journal of Management 3(8): 318-328, 2015.

Martoyo, Susilo. 1992. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Pancaria, I Nyoman. 2015. Kontribusi Efektivitas Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Etos Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 6, No 1.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Puspita, dkk. 2017. Pengaruh Keterlibatan Kerja (Job Involvement) dan Kepuasan Kerja (Job Satisfaction) Terhadap Komitmen Organisasi Pegawai Pusdikbang SDM Perum Perhutani Madiun. The 9th FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi – Universitas PGRI MadiunVol. 5 No. 1 Hlmn. 364-380.

Rabindarang, Siva dan Khuan Wai Bing. 2012. Hubungan Kepemimpinan Distributif Terhadap Komitmen: Organisasi dan Tekanan Kerja dalam Pendidikan Teknik dan Vokasional. National Research & Innovation Conference for Graduate Students in Social Sciences (GS-NRIC 2012).

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian pedidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Thaiban, dkk. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Kerja Guru Di SMP Negeri Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. e Journal.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.