Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Kompetensi Profesional dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Sawan

Authors

  • Komang Sudarmini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2793

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui besarnya kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinreja guru SMP Negeri 2 Sawan, (2) mengetahui besarnya kontribusi Budaya Organisasi terhadap kinreja guru SMP Negeri 2 Sawan, (3) mengetahui besarnya kontribusi Kompetensi Profesional terhadap kinreja guru SMP Negeri 2 Sawan  (4) mengetahui besarnya kontribusi motivasi berprestasi guru terhadap kinreja guru SMP Negeri 2 Sawan, (5) mengetahui besarnya kontribusi secara bersama sama Gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, kompetensi profesional dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian ex post facto dengan teknik korelasional. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri 2 Sawan yang berjumlah 50 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner. Analisis data digunakan teknik statistik deskriptif regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan  gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Sawan dengan sumbangan efektif sebesar 19,73%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 8,99%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan kompetensi profesional terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 10,03%, (4) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru dengan  sumbangan efektif sebesar 12,19%, (5) terdapat kontribusi yang signifikan secara bersama-sama gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, kompetensi profesional dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sebesar 50,94%.

 

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Kinerja Guru

References

Arikunto S. 2006. Prosedur Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta

Hamalik, Qemar. 1991. Pendidikan Guru Konsep dan Setrategi. Maju Mundur, Bandung

Rianto, Yatim. 1996. Metodologi Penelitian Pendididkan. Surabaya: SIC

Sugiyono, 1999. Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta

Supriadi, 2001. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adi Citra Karya Nusa.

Sutrisno, Hadi. 2000. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutrisno, Hadi, 2001. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Thoha, Miftah, 1995. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali.

Wahjosumodjo, 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Winardi, J. 2002. Motivasi & Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persda.

Downloads

Published

2019-08-31

Issue

Section

Articles