Kontribusi Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 3 Banjar

Ni Ketut Liesvi Ismawantini, I Nyoman Natajaya, I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi supervisi akademik, gaya kepemimpinan kepala sekolah, etos kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru SMP Negeri 3 Banjar. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan jumlah populasi sampel 55 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan   teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan (1) supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,12 dan sumbangan efektifnya sebesar 12,55%, (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,18 dan sumbangan efektifnya sebesar 29,68%, (3) etos kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi   sebesar 0,26 dan sumbangan efektifnya sebesar 12,83%, (4) komitmen organisasional terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,20 dan sumbangan efektifnya sebesar 16,54%, (5) secara bersama sama, supervisi akademik, gaya kepemimpinan kepala sekolah, etos kerja, dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,85 dan kontribusinya sebesar 71,60% terhadap kinerja guru  SMP Negeri 3 Banjar.

 

Kata kunci: Supervisi akademik, gaya kepemimpinan,  etos kerja, komitmen oganisasional, kinerja guru.


Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Budianto, Nanang. 2011. Kepemimpinan Pendidikan dalam Total Quality Management, Jurnal falasifa Vol. 2 No 1

Barnawi dan Arifin, Mohammad. (2012). Kinerja Guru Profesional: Instrumen, Pembinaan, Peningkatan, dan Penilaian. Jogyakarta: Ar-Ruzz Madia

Cushway, Barry & Derek Lodge. 2000. Organizational Behavior And Design. Jakarta: Elex Media Computindo

Danim, Sudarwan. (2008). Kinerja Staf dan Organisasai. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Fattah. Nanang. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Gibson James.L., 1987. Organisasi Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Penerbit Erlangga

Glickman, C.D. 1981. Development Supervision: Alternative Practices for Helping Teachers Improve Instruction. Virgina: ASD.

Gwynn, J.M. 1961.Theory and Practice of Supervision. New York: Dodd Mead and Company

Hariwung, A.J. 1989 Supervisi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Depdikbud

Hermino. Agustinus. 2014. Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartono. Kartini. 2003. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kemendiknas. 2010. Supervisi Akademik Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Koyan. Wayan. 2012. Statistik Pendidikan”Teknik Analisis data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademik. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan-BPSDMPMP.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Supervisi Akademik, Modul Pelatihan Kepala Sekola. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan-BPSDMPMP.

Luthans. Fred. 1995. Organizational Behavior. Mc Graw Hill Internasional, New York.

Lestari, Eny Purwaning, 2016. Kontribusi Persepsi Guru tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Rtos Kerja terhadap Kinerja Guru di MAN Patas. Tesis. Program Pascasarjana. Undiksha. Singaraja

Muliartini, 2018. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos kerja, Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru Di SMKN 2 Singaraja. Tesis. Program Pasca Sarjana. Undiksha. Singaraja

Samani. Muchlas. 2006. Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia. Surabaya: SIC dan Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia.

Sri Utami, Luh Putu, 2018. Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala sekolah, , Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Gerokgak. Tesis. Program Pascasarjana. Undiksha. Singaraja

Sumerta, Ketut, 2017. Kontribusi Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah,dan Etos kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Mengwi. Tesis. Program Pascasarjana. Undiksha. Singaraja

Yudana, I Made. 2011.“Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru” Buku Ajar Referensi Mata Kuliah Analisis Program Dan Teknik Supervisi Pendidikan. Pasca Sarjana Undiksha.

Yasmini, Sayu Ketut. 2017. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah, Kompetensi Profesional dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Sd Se- Kecamatan Kuta Utara. Tesis. Tidak diterbitka. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.