Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja

Nyoman Ayu Ratmini, I Nyoman Natajaya, I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian “ex-post facto” ini melibatkan 60 guru SMP Negeri 2 Singaraja sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan kuesioner serta dianalisis dengan analisis regresi sederhana, teknik deskriptif statistik, regresi berganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 25,43%, (2) komitmen organisasi terhadap kinerja guru dengan  sumbangan efektif sebesar 20,02%, (3) iklim kerja terhadap kinerja guru dengan  sumbangan efektif sebesar 20,87%, (4) motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan  sumbangan efektif sebesar 15,97%, (5) secara simultan, terdapat kontribusi yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 82,29% terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Singaraja.

 

Kata kunci: gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, iklim kerja, motivasi kerja, kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Agung Gede. 2015.Statistika Dasar untuk Pendidikan.Yogyakarta: Depublish

Colquitt, Lepine and Wesson. 2009. Organizational Behavior, Improving Performance and Commitment in the Workplace. Boston McGrow-Hill. International Edition

Candiasa, I Made. 2010. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja. Undiksha Press.

Cushway, Barry & Derek Lodge. 2000. Organizational Behavior And Design. Jakarta: Elex Media Computindo

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta. Hadi

Fattah. Nanang. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Gibson James.L., 1987. Organisasi Perilaku, Struktu, Proses. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto, H.M.2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Hamzah, B.U.2007. Pengembangan Instrumen untuk Penelitian. Jakarta. Dilemma Press. Jakarta.

Hadi, Sutrisno. 1991. Analisa Butir Instrumen. Yogyakarta. Andi Offset

Hermino. Agustinus. 2014. Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husaini. Usman. 2006. Mananjemen Teori Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Koyan. Wayan. 2012. Statistik Pendidikan ”Teknik Analisis data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press

Karwati, Euis. dan Priansa, Donni Juni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme

Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Luthans. Fred. 1995. Organizational Behavior. Mc Graw Hill Internasional. New York

Luthans. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Andi

Mulyadi. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya

Mutu. Malang: UIN Maliki Press.

Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung. PT. Remaja Rosda

Karya.

Mulyasa. E. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Samani. Muchlas. 2006. Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia. Surabaya: SIC dan Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia

Susanto. Ahmad. 2016. Konsep Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta. Prenada Media Group.

Sudjana. 2001. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sunardia, I Dewa Ketut. 2015.Kontribusi Supervisi Akademik, Iklim Kerja Sekolah Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SD Gugus I Mengwi Kabupaten Badung. Tesis. Undiksha Singaraja.

Suharsa Putra. Unar. 2016. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan (mengembangkan

spirit Enterpreneurship menuju Learning School). Bandung : PT. Refika Aditama

Sukadana, I Nyoman. 2015. Kontribusi Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja Guru dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Gugus IV Kecamatan Kuta Kabupaten Badung. Tesis. Undiksha Singaraja.

Suardani, Luh Tutik. 2017. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Mengwi. Tesis. Undiksha Singaraja.

Toha, Miftah. 2005. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Usman, Nasir. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala sekolah. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada

Wahyudi. 2012. Kepemimpian Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Wedari, Kadek Trisna. 2016. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru SMKN 2 Seririt. Tesis. Undiksha Singaraja




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.