Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian “ex-post facto” ini melibatkan 60 guru SMP Negeri 2 Singaraja sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan kuesioner serta dianalisis dengan analisis regresi sederhana, teknik deskriptif statistik, regresi berganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 25,43%, (2) komitmen organisasi terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 20,02%, (3) iklim kerja terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 20,87%, (4) motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 15,97%, (5) secara simultan, terdapat kontribusi yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 82,29% terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Singaraja.
Kata kunci: gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, iklim kerja, motivasi kerja, kinerja guru
Full Text:
PDFReferences
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, Anak Agung Gede. 2015.Statistika Dasar untuk Pendidikan.Yogyakarta: Depublish
Colquitt, Lepine and Wesson. 2009. Organizational Behavior, Improving Performance and Commitment in the Workplace. Boston McGrow-Hill. International Edition
Candiasa, I Made. 2010. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja. Undiksha Press.
Cushway, Barry & Derek Lodge. 2000. Organizational Behavior And Design. Jakarta: Elex Media Computindo
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta. Hadi
Fattah. Nanang. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Gibson James.L., 1987. Organisasi Perilaku, Struktu, Proses. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Daryanto, H.M.2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Hamzah, B.U.2007. Pengembangan Instrumen untuk Penelitian. Jakarta. Dilemma Press. Jakarta.
Hadi, Sutrisno. 1991. Analisa Butir Instrumen. Yogyakarta. Andi Offset
Hermino. Agustinus. 2014. Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husaini. Usman. 2006. Mananjemen Teori Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Koyan. Wayan. 2012. Statistik Pendidikan ”Teknik Analisis data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press
Karwati, Euis. dan Priansa, Donni Juni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme
Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.
Luthans. Fred. 1995. Organizational Behavior. Mc Graw Hill Internasional. New York
Luthans. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Andi
Mulyadi. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya
Mutu. Malang: UIN Maliki Press.
Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung. PT. Remaja Rosda
Karya.
Mulyasa. E. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Samani. Muchlas. 2006. Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia. Surabaya: SIC dan Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia
Susanto. Ahmad. 2016. Konsep Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta. Prenada Media Group.
Sudjana. 2001. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sunardia, I Dewa Ketut. 2015.Kontribusi Supervisi Akademik, Iklim Kerja Sekolah Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SD Gugus I Mengwi Kabupaten Badung. Tesis. Undiksha Singaraja.
Suharsa Putra. Unar. 2016. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan (mengembangkan
spirit Enterpreneurship menuju Learning School). Bandung : PT. Refika Aditama
Sukadana, I Nyoman. 2015. Kontribusi Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja Guru dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Gugus IV Kecamatan Kuta Kabupaten Badung. Tesis. Undiksha Singaraja.
Suardani, Luh Tutik. 2017. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Mengwi. Tesis. Undiksha Singaraja.
Toha, Miftah. 2005. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Usman, Nasir. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala sekolah. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada
Wahyudi. 2012. Kepemimpian Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Wedari, Kadek Trisna. 2016. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru SMKN 2 Seririt. Tesis. Undiksha Singaraja
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.