Studi Evaluasi Pelaksanaan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD di Desa Ubung Kaja

Kadek Dyah Pradnya Paramitha, I Nyoman Natajaya, I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di Desa Ubung Kaja. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan model evaluasi CIPP (konteks, input, proses, produk). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komponen variabel konteks tergolong efektivitas sebesar 31,707 %, efektivitas variabel input  sebesar 21,951 %, efektivitas variabel proses sebesar 2,439 %, dan efektivitas variabel produk sebesar 7,317 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di Desa Ubung Kaja dalam penelitian ini secara keseluruhan efektif dengan skor mentah yang ditransformasikan kedalam t-score menghasilkan positif. Untuk menentukan efektivitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan PAUD menggunakan selisih dari f(+) dan f(-) dengan hasil analisis menunjukkan nilai CIPP (+ + + +). Jika dikonfersikan ke dalam kuadran prototype Glickman, maka efektifitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan PAUD terletak pada kuadran I (satu ) atau efektif. Artinya pada variabel konteks efektif, input efektif, proses efektif dan pada variabel produk efektif. Dengan demikian, bahwa efektifitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di Desa Ubung Kaja adalah efektif. Meskipun tergolong sangat efektif namun masih ada kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikanbaik dari variabel konteks, input, dan proses.

 

Kata kunci: Studi Evaluasi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, PAUD, CIPP


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede dan I Wayan Koyan. 2016. Evaluasi Program Pendidikan (Fungsi Manajemen Kontrol). Singaraja: Undiksha

Agung. A. A. Gede. 2017. “Metodologi Penelitian Kuantitatif (Persepesktif Manajemen Pendidikan)“. Singaraja: Undiksha Press

Aliyyah, Rusi Rusmiati. 2018. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Polimedia Publishing

Ambarjaya, Beni S. 2012. Psikologi Pendidikan & Pengajaran Teori & Praktik. Yogyakarta: CAPS.

Arikunto, Suharsimi dan Safruddin Cepi. 2014. “Evaluasi Program Pendidikan

Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan Edisi Ketiga”. Jakarta: Bumi Aksara.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Divayana, Dewa Gede Hendra. 2017. “Asesmen dan Evaluasi”. Singaraja: Undiksha Press

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Melati, Risang. 2012. Kiat Sukses Menjadi Guru PAUD Yang Disukai Anak-Anak. Yogyakarta: Araska.

Muslich, Masnur.2010. Bagaimana Menulis Skripsi.Jakarta: Bumi Aksara

Ni Made Adi. 2010. Tesis: Studi Evaluasi Tentang Penggunaan Dana BOS Ditinjau dari Model CIPP dalam Rangka Peningkatan Kinerja Sekolah di SMP Negeri 3 Kuta Selatan. Singaraja: Undiksha (tidak diplubikasikan)

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. 2016. Universitas Pendidikan Ganesha.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014, tentang Standar Nasional Pendidikkan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sugiyono . 2011. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : ALFABETA.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Sulistriyorini. 2006. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Elkaf

Sunu, I Gusti Ketut Arya. 2010. Disertasi: Pengelolaan Pendidikan Multikultural (Studi Kasus Pada SMP/MTs di Provinsi Bali). Bandung: UPI (tidak dipublikasikan)

Tilaar, H.A.R. 2008. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.