Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPK 1 Harapan Denpasar

Siluh Nyoman Princes Oktavia Fairy, Made Yudana, Dewa Gede Hendra Divayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru, (2) kontribusi etos kerja guru terhadap kinerja guru, (3) kontribusi kepuasan kerja terhadap kinerja guru, (4) kontribusi budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru, (5) kontribusi gaya kepemimpinan transformasional, etos kerja guru, kepuasan kerja, dan budaya organisasi sekolah secara simultan terhadap kinerja guru di SMPK 1 Harapan Denpasar. Populasi adalah semua guru SMPK 1 Harapan Denpasar sebanyak 60 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan model skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat: (1) berkontribusi negatif dan tidak signifikan gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru sebesar -0,185 dengan sumbangan efektif -7,15%, (2) berkontribusi positif signifikan etos kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 0,58 dengan sumbangan efektif 45,98%, (3) berkontribusi positif signifikan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,09 dengan sumbangan efektif 5,31%, (4) berkontribusi positif signifikan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,15 dengan sumbangan efektif 8,6%, dan (5) berkontribusi yang signifikan secara simultan antara gaya kepemimpinan transformasionaletos kerja guru, kepuasan kerja, dan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru sebesar 15,39 dengan sumbangan efektif 52,7%. Hal ini berarti keempat variabel tersebut mempunyai kontribusi signifikan terhadap kinerja guru di SMPK 1 Harapan Denpasar.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi Sekolah, Kinerja Guru

 


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pers Manajemen Pendidikan: DIPA Undiksha.

Agung, A.A. dkk. 2011. Menjadi Guru Profesional Yang Tersertifikasi: Upaya Pengembangan Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Kompetensi Sosial. Singaraja: DIPA Undiksha.

Asmani, Jamal. 2009. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Bryson, John. 1995. Strategis Planning for Public and Non Profit Organizations:A Guide to Strengthening and Sustaining Organizational Achievement.Revised Ed. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

Busro, Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Candiasa, I Made, 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Daft, Richard. 2005. Organization Theory and Design, 3rd Ed. USA.

Degeng, Nyoman. 2013. Ilmu Pembelajaran:Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup dan Arasmedia.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Dasar RI. No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Divayana, Dewa Gede. 2017. Buku Ajar Asesmen dan Evaluasi. Singaraja: Undiksha Press.

Fattah, Nanang. 2013. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, S.P. 2002. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Herrhyanto, Nar. 2017. Analisis Data Kuantitatif dengan Statistika Inferensial. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Kiswanti, Wahyudi, M.Syukri, 2014.”Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Sub Rayon 4 Pontianak”. Jurnal FKIP Universitas Tangjung Pura, Pontianak.

La Sulo, Tirtarahardja. 1995. Pengantar Pendidikan: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1994.

Luthans, Fred. 2011. Organizational Behaviour: An Evidence-Based Approach. 12th Ed. New York: McGraw-Hill Irwin.Inc.

Mangkunegara, AA, Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Rosda Karya. Bandung.

Marks, James Robert, Sir. 1985. Handbook of Educational Supervision. USA: Allyn and Bacon, Inc.

Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: CV. Rosdakarya.

Nawawi, H. 1985. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Gunung Agung.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.16 Tahun 2009. Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 35 Tahun 2010. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.41 Tahun 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.19 Tahun 2005. Standar Pendidikan Nasional.

Purwanto, Ngalim. 2016. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Robbins dan Judge. 2015. Organizational Behavior, 16th ed. Alih Bahasa oleh Ratna Saraswati dan Febriella Sirait: Perilaku Organisasi -Ed.16-. Jakarta: Salemba Empat.

Sahertian, 1994. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Program Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta .

Santoso, Singgih. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik Dengan SPSS 17. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Schein, Edgar. 2004. Organizational Culture and Leadership. 3rd Ed. San Fransisco: Jossey-Bass.Inc.

Sedarmayanti. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: Refika Aditama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sulthon. 2009. Membangun Semangat Kerja Guru: Suatu Aplikasi Pendekatan Emotional Intelligence dan Social Intelligence dalam Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Laksbang Pressindo Yogyakarta.

Sungarimbun, Masri, Sofian Efendi, 2006. Metode Penelitian Survey. Edisi Revisi. Jakarta: LP3ES.

Suparno dan Danim. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryadi, Tilaar. 1993. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Terry dan Rue. 1992. Principles of Management. Alih Bahasa: G.A. Ticoalu: Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Standar Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen.

Wahab, Abdul Azis.2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan: Telaah Terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yudana, Made. 2012. Hand Out Mata Kuliah Manajemen Berbasis Budaya. Singaraja: Pasca Sarjana Undiksha.

Yudana, Made. Orasi Ilmiah Pengenalan Guru Besar Tetap,4 Desember 2010. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Yulk, Gary.2009. Leardership in Organization. Alih Bahasa oleh Bud Supriyanto: Kepemimpinan dalam Organisasi -Ed.5-. Jakarta: Indeks




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.