Evaluasi Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Penyelenggaraan (BOP) Paket C Pada Pusat Pendidikan Belajar Masyarakat (PKBM) Widya Sentana Kabupaten Badung Tahun 2018
Abstract
Kurang konsistennya kebijakan pemerintah terhadap petunjuk pelaksaan penggunaan dana BOP, yang menyebabkan efektivitas penggunaan dana BOP belum diketahui secara jelas. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan dana BOP Paket C Pada PKBM Widya Sentana Kabupaten Badung Tahun 2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 sampel. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan kriteria ideal lima skala. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komponen variabel context dengan efektivitas sebesar 14,29%, efektivitas variabel input sebesar 2,85%, efektivitas variabel process sebesar 8,57%, dan efektivitas variabel product sebesar 31,43%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan dana BOP dalam penelitian ini secara keseluruhan tergolong dalam kategori sangat efektif (+, +, +, +) dengan skor mentah yang ditransformasikan kedalam t-score menghasilkan positif. Meskipun tergolong sangat efektif namun masih ada kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan BOP baik dari variabel context, input, maupun process. Alternative pemecahan masalah yang disarankan: (1) melakukan subsidi silang untuk memenuhi kebutuhan peserta didik (2) lembaga selalu mengupdate dapodik dan data siswa agar semua mendapatkan BOP secara berkala, (3) melakukan pelaporan sebelum batas akhir pelaporann agar tidak terganggu oleh server yang down.
Kata kunci: BOP, Paket C, PKBM, Evaluasi, CIPP
Full Text:
PDFReferences
Agung, A. A. G. & Koyan, I Wayan. 2016. Evaluasi Program Pendidikan (Fungsi Manajemen Kontrol). (Tidak Dipublikasikan).
Agung, A. A. G. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Singaraja: Undiksha
Arikunto, S. & Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Nahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Direktur Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. Peraturan Nomor 13 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Paket C/ Pendidikan Vokasi Bagi Paket C Tahun 2018.
Divayana, Dewa Gede Hendra. 2015. Penggunaan Model CSE-UCLA Dalam Mengevaluasi Kualitas Program Aplikasi Sistem Pakar. SNATIA. Hal 165-168.
Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal. Alfabeta. Bandung.
Koyan, I Wayan. 2007. Asesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press
McDavid, James C., & Laura R.L. Hawthorn. 2006. Program Evaluation and Performance Measurement : An Introduction To PraCTICE. California: Sage Publications, Inc.
Mulyasa, E, 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Siagian, P. Sondang. 2005. Fungsi-fungsi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Stufflebeam, D.L & Shinkfield, A.J. 2007. Evaluation Theory, Models, & Applications. United States of America: Jossey Bass.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunu, I Gusti Ketut Arya. 2010. Disertasi: Pengelolaan Pendidikan Multikultural (Studi Kasus Pada SMP/MTS di Provinsi Bali. Bandung: UPI (tidak dipublikasikan).
Wirawan. 2011. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.