Determinasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Etos Kerja Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Pariwisata Harapan Denpasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, etos kerja guru, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Pariwisata Harapan Denpasar. Penelitian ini menggunakan desain "ex post facto". Populasi dan sampel penelitian ini adalah semua guru di SMK Pariwisata Harapan Denpasar, yang berjumlah 60 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan skala Likert 1-5. Setelah data dikumpulkan, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana, korelasi parsial dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat determinasi yang tidak signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 1,86%. (2) terdapat determinasi yang signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 11,31%. (3) terdapat determinasi yang tidak signifikan etos kerja guru terhadap kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 2,50%. (4) terdapat determinasi yang tidak signifikan motivasi kerja dan kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 1,49%,(5) secara bersama-sama terdapat determinasi yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, etos kerja guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan determinasi 17,20%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat determinasi yang positf dan signifikan dari budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMK Pariwisata Harapan Denpasar. Budaya organisasi yang terbentuk memberikan determinasi yang paling besar. Hal ini berarti budaya organisasi merupakan prediktor yang paling dominan dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Pariwisata Harapan Denpasar.
Kata kunci: kepemimpinan, budaya organisasi, etos kerja guru, motivasi kerja dan kinerja guru
Full Text:
PDFReferences
Agung, A.A.G. 2011. Menjadi Guru Profesional yang Tersertifikasi. Singaraja.
Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hasibuan, M. S. P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Mulyasa. 2013. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2008. Tentang Guru.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang perubahan Standar Nasional Pendidikan.
Priansa, D J. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Priansa, D J.2016. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Sutrisno, E. 2010. Budaya Organisasi, Jakarta: Kencana.
Tatang S. 2015. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang No. 20 tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
Werang. B.R. 2011. Faktor-faktor PenentuKualitas Guru. Malang: Elang Mas.
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.