Hubungan Kepemimpinan Pelayan, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru di Gugus PAUD Tunjung Kecamatan Denpasar Utara

Ni Luh Putu Sri Laksmi, Anak Agung Gede Agung, Sudirman Sudirman

Abstract


Kinerja guru di gugus PAUD Tunjung Kecamatan Denpasar Utara menunjukkan kecenderungan rendah, yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan. Rendahnya kinerja guru tersebut, diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor internal seperti: motivasi kerja, etos kerja, dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternal seperti: kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi manajerial kepala sekolah, budaya organisasi, dan lain-lain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan pelayan, kompetensi manajerial kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi kerja dengan kinerja guru. Penelitian ini diadakan di gugus PAUD Tunjung Kecamatan Denpasar Utara menggunakan pendekatan ex-post facto dengan populasi subyek yaitu guru PAUD sejumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan studi populasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara kepemimpinan pelayan dengan motivasi kerja dengan koefisien jalur sebesar 0,433 (2) Ada hubungan yang signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan motivasi kerja dengan koefisien jalur sebesar 0,209 (3) Ada hubungan yang signifikan antara budaya organisasi dengan motivasi kerja dengan koefisien jalur sebesar 0,297 (4) Ada hubungan yang signifikan antara kepemimpinan pelayan dengan kinerja guru dengan koefisien jalur sebesar 0,132 (5) Ada hubungan yang signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien jalur sebesar 0,398 (6) Ada hubungan yang signifikan antara budaya organisasi dengan kinerja guru dengan koefisien jalur sebesar 0,056 (7) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru dengan koefisien jalur sebesar 0,320 (8) Ada hubungan secara tidak langsung antara kepemimpinan pelayan dengan kinerja guru melalui motivasi kerja (9) Ada hubungan secara tidak langsung antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru melalui motivasi kerja (10) Ada hubungan secara tidak langsung antara budaya organisasi dengan kinerja guru melalui motivasi kerja (11) Ada hubungan secara simultan yang signifikan antara kepemimpinan pelayan, kompetensi manajerial kepala sekolah, budaya organisasi dengan kinerja guru melalui motivasi kerja (12) Ada hubungan secara simultan yang signifikan antara kepemimpinan pelayan, kompetensi manajerial kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi kerja dengan kinerja guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Hubungan kepemimpinan pelayan, kompetensi manajerial kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi kerja dengan kinerja guru di gugus PAUD Tunjung Kecamatan Denpasar Utara.

 

Kata kunci: kepemimpinan pelayan, kompetensi manajerial, budaya organisasi, motivasi kerja, kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Singaraja: Undiksha Press.

Agung, A.A. Gede. 2017. Statistika Inferensial untuk Pendidikan (Disertai Aplikasi SPSS). Singaraja: Undiksha Press

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogjakarta: Penerbit Andi.

Lantu, dkk. 2007. Servant Leadership. Jakarta: Gradien Books

Mulyadi, Deddy. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayan (Konsep dan Aplikasi administrasi, Manajemen, dan Organisasi Modern). Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sugiyono, 2006. Metode penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Penerbit Prenamedia Group.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2013. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2003 tentang Pemerintahan Daerah

Universitas Pendidikan Ganesha. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Singaraja: Penerbit Undiksha.

Universitas Pendidikan Ganesha. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tugas akhir, skripsi, Tesis, dan Disertasi. Singaraja: Penerbit Undiksha.

Yukl, Gary. 2013. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Alih Bahasa oleh Budi Supriyanto. Jakarta: Penerbit PT. Indeks.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.