KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Lab Undiksha Singaraja. Penelitian ini adalah “ex-post facto”. Sampel sebanyak 36 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil: Pertama, terdapat kontribusi yang signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,766 dan kontribusinya sebesar 58,70%. Kedua, terdapat kontribusi yang signifikan antara Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,704 dan kontribusinya sebesar 49,50%. Ketiga, terdapat kontribusi yang signifikan antara Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,779 dan kontribusinya sebesar 60,70%. Keempat, secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,885 dan kontribusinya sebesar 78,30% terhadap kinerja guru
Full Text:
PDFReferences
Ardiana, Titin Eka. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, Vol. 17, No. 02, Januari 2017.
Firnawati, dkk. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala ISSN 2302-0156 pp. 167- 171.
Hadiyanto. 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafi, Mamduh dan Abdul Halim. 2003. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 2. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Khoirunnisa, Fauziyah Novia. 2015. Pengaruh Disiplin Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo. Economic Education Analysis Journal Volume 4 Nomor 1.
Kosim, Muhamad. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Khazanah Akademia Vol. 01; No. 01; 2017; 30-38
Lunenburg, Fred C and Allan C. Ornstein. 2000. Educational Administration; Concepts and Practices.USA: Wadsworth.
Mudena, dkk. 2017. Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri Di Kecamatan Mataram Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol 2 No 1.
Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Musbikin, Imam. 2013. Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat!. Zanafa Publishing; Pekanbaru Riau.
Nawawi, Hadari. 2005. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Ratmini, dkk. 2019. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Vol 10 No 2.
Satriadi. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Benefita 1(3) Oktober 2016 (123-133).
Sumartono. 2016. Pengaruh kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SMP di Kecamatan Samigaluh Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 4 Nomor 1.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susmiyati. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman Volume 11 Nomor 1.
Sutrisno, Edi. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-3.Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Syakir, Muhammad Junaidi dan Pardjono. 2015.Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kompetensi Guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 2.
Tambunan, Toman Sony. 2015. Pemimpin dan Kepemimpinan.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.