PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI KAYA PARISUDHA UNTUK MEWUJUDKAN BUDAYA CERDAS DALAM PERLINDUNGAN ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • I Made Ariasa Program Studi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung
  • I Nyoman Natajaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/japi.v%25vi%25i.3156

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter berbasis kearifan lokal tri kaya parisudha untuk mewujudkan budaya cerdas dalam perlindungan anak. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 8 kelas siswa kelas 5 yang terdiri dari 300 siswa SD di desa Mas kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar. Penentuan sampel digunakan kluster random sampling. Terpilih kelas 5 SD N 5 Mas sebagai kelas eksperimen dan kelas 5 SD N 8 Mas sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data digunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji t (t-test). Hasil analisis data diperoleh bahwa budaya cerdas siswa yang dibelajarkan dengan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal tri kaya parisudha lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan tanpa pendidikan karakter berbasis kearifan lokal (skor rerata kelompok eksperimen = 183,05 skor rerata kelompok kontrol = 168,17 dan t = 6,671). Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal tri kaya parisudha terhadap budaya cerdas siswa SD di desa Mas, kecamatan Ubud, Gianyar

References

Adnyana, Putu Budi dan Citrawathi. 2017. Model Pendidikan Karakter Berbasis Tri Kaya Parisudha Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Riset Inovatif. ISBN: 978-602-6428-11-0

Agung, A. A. Gede. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Artawan,Ketut Ngurah dan Ardiawan,I Ketut Ngurah.2018. Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Tri Kaya Parisudha. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 3 (2).ISSN 2541-0261 201

Asmariani, A.A. 2012. Tri Kaya Parisudha sebagai Kontrol Sosial Prilaku Remaja dalam Kehidupan Bermasyarakat di Era Globalisasi dan Modernisasi. Sphatika Jurnal Teologi, Vol 6, No 1.

Candiasa, I. M. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Hendriana, E. C. dan Jacobus, A. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 1 (2) Page 25 - 29 p-ISSN: 2477-5940 e-ISSN: 2477-8435

Mariana, Dewi. 2016. Membentuk Karakter Cerdas melalui Bimbingan dan Konseling Perkembangan untuk Menghadapi MEA. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, Volume 1 Nomor 1 Maret 2016. Page 18-22 p=ISSN: 2477-5916

Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Puja, G. 1981. Sarasamuscaya. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia

Sudiana, I. M. dan Sudirgayasa, I G., 2015, Integrasi Kearifan Lokal Bali dalam Buku Ajar Sekolah Dasar 182. Jurnal Kajian Bali. 5 (1). Hlm. 181–200

Suhardana, K. M. 2007. Tri Kaya Parisudha: Bahan Kajian untuk Berpikir Baik, Berkata Baik, dan Berbuat Baik. Surabaya: Paramita.

Downloads

Published

2020-08-28

Issue

Section

Articles