KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, DISIPLIN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA, TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL GURU SD

Stefiana Meilince Oupen, Anak Agung Gede Agung, I Made Yudana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, disiplin kerja, dan motivasi kerja terhadap komitmen organisasional. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SD Gugus III Kecamatan Buleleng yang berjumlah 153 orang. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil menggunakan teknik proporsional random sampling, sebanyak 40 orang guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan bantuan aplikasi IBM Stastistic SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional dengan koefisien determinasi 29,26%. (2) terdapat kontribusi yang signifikan budaya organisasi terhadap komitmen organisasional dengan koefisien determinasi 30,25%. (3) terdapat kontribusi disiplin kerja terhadap komitmen organisasional dengan koefisien determinasi 16,56%. (4) terdapat kontribusi motivasi kerja terhadap komitmen organisasional dengan koefisien determinasi 25,30%. (5) Secara bersama-sama terdapat kontribusi yang signifikan kontribusi kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, disiplin kerja, motivasi kerja terhadap komitmen organisasional dengan koefisien determinasi 53,66%


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, A. A. G. 2017. Statistika Inferensial untuk Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Allen & Meyer. 1997. Commitment In The Workplace (Theory, Research and Application). Sage Publication London.

Caught, K, Shadur, M. A, & Rodwell, J. J. (2000). The measurement artifact in the organizational commitment questionnaire. Psychological Reports, Vol.87 (3), 777-788.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Departemen Pendidikan Nasional, 2013. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Greenber, Jerald dan Robert A Baron. 1995. Behavior in Organizations Understanding and Managing The Human Side of Work. Edisi 5. US: Prentice-Hall

Helmi, A. F. 1996. Disiplin Kerja. Buletin Psikologi, Volume 4 Nomor 2.

Indriyati Endah Susetyo. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Pemahaman Etika Kerja Islami. Upajiwa Dewantara Vol. 1 No. 2.

Juwita, marni. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMPN 3 Mukomuko. Skripsi.197 halaman. Diakses tanggal 26 April 2020.

Koyan, I. W. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Liana, Yuyuk dan Rina Irawati. 2014. ”Peran Motivasi, Disiplin Kerja Terhadap Komitmen Karyawan dan Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Air Minum di Malang Raya”. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. 3(1). Hal 17-34

Maris, Intan Silvana dkk. 2016. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Seolah, Kinerja Guru dan Mutu Sekolah”. Jurnal Administrasi Pendidikan. 23 (2). Hal 173-188

Megawati, Priarti. 2013. ”Hubungann Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasi Guru Honorer”. Jurnal Formatif. 3(1). Hal 26-38.

Musparini. 2011. Pengaruh Supervisi Pimpinan, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Kerja Karyawan Pangeran’s Beach Hotel Padang. Tesis. Padang. UNP. Diakses tanggal 26 April 2020

Nelda, Fitri. 2016. “Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas di SMKN 2 Pariaman”. Jurnal administrasi Pendidikan. 1(29). Hal 1-8

Nurviza. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru pada SMA Unggul Negeri 2 Boarding School Kota Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Vol 7, No.1.

Purnomo Edi. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja, dan Komitmen terhadap Keunggulan Sekolah (Studi pada SMP Negeri 2 Jombang). Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 06, No. 4.

Purwoko, Sidik. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK”. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 6(2). Hal 149-162.

Rahmi dan Mulyadi. 2018. Pengaruh Keterlibatan Karyawan, Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional terhadap Komitmen Organisasional Karyawan pada PT. PLN Banda Aceh. Jurnal Ilman, Vol. 6, No. 1.

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi Jilid 2, Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jakarta: Prenhallindo.

Sudjana, Nana. 2004. Tuntunan penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Turnip, dkk. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Persepsi Guru tentang Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah, dan Kompensasi terhadap Komitmen Afektif Guru TK Kecamatan Medan Perjuangan. Jurnal Usia Dini, Volume 4 No. 2.

Wahyosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.