KONTRIBUSI ETOS KERJA, MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU SD GUGUS VII KECAMATAN MENGWI

Sayu Putri Ningrat, Anak Agung Gede Agung, I Made Yudana

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi etos kerja, motivasi kerja, disiplin kerja dan supervisi akademik terhadap kinerja guru SD Gugus VII Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan jumlah populasi sekaligus sampel 34 orang. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner etos kerja, motivasi kerja, disiplin kerja, supervisi akademik dan kinerja guru. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap, yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji-regresi sederhana dan uji-regresi ganda.  Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan etos kerja terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 13,59%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 13,28%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 13,15%, (4) terdapat kontribusi yang signifikan supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 15,36%, (5) terdapat kontribusi yang signifikan etos kerja, motivasi kerja, disiplin kerja dan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 55,40%. Adanya kontribusi etos kerja, motivasi kerja, disiplin kerja dan supervisi akademik terhadap kinerja guru menunjukkan etos kerja, motivasi kerja, disiplin kerja dan supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru SD Gugus VII Kecamatan Mengwi.

 

Kata Kunci: etos kerja; motivasi kerja; disiplin kerja; supervisi akademik; kinerja guru.

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Ardana, I Gd. 2015. “Determinasi Persepsi Guru pada Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional dan Etos Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru SD Gugus V Kecamatan Seririt”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 6, No 1 Tahun 2015)

Astini, M. S. 2013. “Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru TIK pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Karangasem”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Administrasi Pendidikan, Volume 4 (hlm. 5)

Erayati, Ni Kd D. 2017. “Hubungan Supervisi Akademik, Motivasi Kerja Guru, Kompetensi Pedagogik dengan Kinerja Guru SMA Negeri 1 Kediri Tabanan”. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha: Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesi, Vol 8, No 1

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gusti, M.M. 2012. “Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Kerja, dan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Purworejo Pasca Sertifikasi”. Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (Jurnal Penelitian)

Putra, I Md. 2014. Kontribusi Etos Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se Kecamatan Karangasem. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha: Jurnal Administrasi Pendidikan Undiksha

Riduwan, M.B.A. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta..

Suardana, Putu. 2015. “Kontribusi Persepsi Guru Tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Tabanan”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Administrasi Pendidikan, Volume 6, No 1 (hlm. 3)

Sumerta, I Ketut. 2017. Kontribusi Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Mengwi. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha: Tesis (tidak diterbitkan)

Uno, Hamzah B . 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarti, Ari. “Kontribusi Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Gerokgak”. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, Vol. 6. No. 1(2015)

Yudana, Made. 2011. Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.