Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Gugus IX Kecamatan Buleleng

L. Suarniti, I.N. Natajaya, A.A.G. Agung

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat kontribusi supervisi kepala sekolah, motivasi berprestasi dan komitmen kerja terhadap kinerja guru SD di Gugus IX Kecamatan Buleleng. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui besaran kontribusi supervisi kepala sekolah, motivasi berprestasi dan komitmen kerja terhadap kinerja guru SD di Gugus IX Kecamatan Buleleng.  Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan besar sampel 66 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada kontribusi yang signifikan antara supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SD di Gugus IX Kecamatan Buleleng, dengan koefisien korelasi sebesar 0,511 dan sumbangan efektifnya sebesar 11,18%. 2) ada kontribusi yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SD di Gugus IX Kecamatan Buleleng. dengan koefisien korelasi sebesar 0,633 dan sumbangan efektifnya sebesar 25,58%. 3) ada kontribusi yang signifikan antara komitmen kerja terhadap kinerja guru SD di Gugus IX Kecamatan Buleleng, dengan koefisien korelasi sebesar 0,547 dan sumbangan efektifnya sebesar 14,26%. 4) secara bersama-sama, ada kontribusi yang signifikan antara supervisi kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan komitmen kerja terhadap kinerja guru SD di Gugus IX Kecamatan Buleleng, dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,714 dan kontribusinya sebesar 51% terhadap kinerja guru SD di Gugus IX Kecamatan Buleleng. Dapat disimpulkan terdapat kontribusi yang signifikan supervisi kepala sekolah, motivasi berprestasi dan komitmen kerja terhadap kinerja guru SD di Gugus IX Kecamatan Buleleng.

Kata kunci: kinerja guru; komitmen kerja; motivasi berprestasi; supervisi.


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Bhuchari, Alma. 2009. Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar . Bandung: Alfabeta.

Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.

Khairunnisa. 2015. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN Di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Jurnal Paradigma. Volume 10. Nomor 2, Juli 2015.

Nashar. H. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Sahertian, P.A. 2008. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia). Jakarta: rineka Cipta

Soekidjan. 2009. Manjaemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.

Sukayana, I Wayan. 2019. Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Kertha Wisata Denpasar. JAPI, Vol. 10 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2019.

Susana. 2018. Supervisi Akademik dan Komitmen Kerja Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXV No.1 April 2018.

Yamin,Martinis & Maisah, 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: GP Press.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.