KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN PELAYAN KEPALA SEKOLAH, ETOS KERJA, BUDAYA KERJA, KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PROFESIONALISME GURU

Virginia Yosephine Florentika Nelson, Kadek Rihendra Dantes, I Putu Wisna Ariawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi kepemimpinan pelayan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru, (2) kontribusi etos kerja terhadap profesionalisme guru, (3) kontribusi budaya kerja terhadap profesionalisme guru, (4) kontribusi komitmen organisasi terhadap profesionalisme guru, (5) kontribusi kepemimpinan pelayan kepala sekolah, etos kerja, budaya kerja, dan komitmen organisasi secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri Kec. Mengwi Kab. Badung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 124 orang guru, dengan jumlah sampel sebesar 97 guru. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan model skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat: (1) berkontribusi positif dan signifikan kepemimpinan pelayan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru sebesar 0,306 dan sumbangan efektif 8,24%, (2) berkontribusi positif signifikan etos kerja terhadap profesionalisme guru sebesar 0,454 dan sumbangan efektif 16,75%, (3) berkontribusi positif signifikan budaya kerja terhadap profesionalisme guru sebesar 0,226 dan sumbangan efektif 5,34%, (4) berkontribusi positif signifikan komitmen organisasi terhadap profesionalisme guru sebesar 0,489 dan sumbangan efektif 21,50%, dan (5) berkontribusi yang signifikan kepemimpinan pelayan kepala sekolah, etos kerja, budaya kerja, dan komitmen organisasi secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru sebesar  24,768 dan sumbangan efektif 51,83%. Hal ini berarti keempat variabel tersebut mempunyai kontribusi signifikan terhadap profesinalisme guru di SMA Negeri Kec. Mengwi Kab. Badung


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Fairy, Princes Oktavia. 2019. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, Dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPK 1 Harapan Denpasar. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 10, No.2, Agustus 2019.

Greenberg, J. dan Barron, R. A. 2005. Behaviour in Organizations, Understanding and Managing the Human Side of Work. Third Edition. Massachuscets: Allin and Bacon.

Irmin, Soejitno dan Abdul Rochim. 2004. Membangun Disiplin Diri Melalui Kecerdasan Spiritual Dan Emosional. Yogyakarta : Batavia Pers.

Kreitner, Robert & Kinicki, Angelo. (2003). Perilaku Organisasi Buku 1.Penerjemah: Erly Suandy. Jakarta: Salemba Empat.

Laksmi, Sri. 2019. Hubungan Kepemimpinan Pelayan, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru di Gugus PAUD Tunjung Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 10, No.2, Agustus 2019.

Miyono, Noor dan Rosidi. 2017. Determinan Budaya Kerja Guru Madrasah Tsnawiyah di Kabupaten Demak. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Vol.15 No. 3, Desember 2017.

Nursalim. 2017. Profesionalisme Guru SD/MI. Lentera Pendidikan, Vol. 20 No 2. Desember 2017.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Permendiknas No 13 tahun 2007. Tentang Supervisi Akademik Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala sekolah.

Rina Puspita Dewi. 2008. Modul: Menjaga dan Melindungi Budaya Kerja,Sesuai Standar Isi 2006. Jakarta: Yudhistira.

Rizqina, Zakiul Amril.dkk. 2017. Pengaruh Budaya Kerja, Kemampuan, Dan Komitmen Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah. Vol.1 No.1, September 2017.

Salam, B.,dkk. 2017. Pengaruh Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi di Madrasah Aliyah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 1, April 2017.

Spears, Larry. 2002. Character and Servant Leadership: Ten Characteristics of Effective, Caring Leaders. The Journal of Virtues & Leadership.

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Andi.

Suardana, Putu. 2015. Kontribusi Persepsi Guru tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Etos Kera terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Tabanan. E-Journal Program Pacsasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.6 No 1, 2015.

Wijania. 2017. Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru.Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 1, No.3, Oktober 2017.

Yunus, Syarifudin. 2017. Mengkritisi Kompetensi Guru. https://m.detik. com/news/kolom/d-3741162/mengkritisi-kompetensi-guru (diakses tanggal 29 Juni 2019)

Yusutria. 2017. Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas SUmber Daya Manusia. Jurnal Curricula, Vol 2 No.1.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.