Hubungan Stres Kerja, Budaya Organisasi, Motivasi, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru

P.G.N. Putra, K.R. Dantes, I.P.W. Ariawan

Abstract


Penelitian dilakukan karena adanya penyimpangan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya.Secara umum, ini terjadi karena dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.Faktor internal meliputi motivasi dan komitmen organisasi, sedangkan faktor eksternal meliputi stress kerja dan budaya organisasi. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan antara stress kerja, budaya organisasi, motivasi, dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru SD se-Kelurahan Pemecutan. Penelitian ini tergolong penelitian ex-post facto dengan metode pengumpulan data non-tes berupa kuesioner.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 guru yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara stress kerja, budaya organisasi, komitmen organisasi, dan kinerja guru. Motivasi memiliki hubungan yang signifkan dengan kinerja guru. Selanjutnya, stress kerja, budaya organisasi, motivasi, dan komitmen organisasi memiliki hubungan yang signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja guru.

Kata kunci: Stress Kerja; Budaya Organisasi; Motivasi; Komitmen Organisasi; Kinerja Guru.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, F. A., dkk. 2019. The Effect Of Organizational Culture Organizational Commitment And Work Satisfaction Toward Teacher Performance of High School at Makassar. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 2(2), 90–99. https://doi.org///doi.org/10.26487/hjabe.v2i2.202

Angkawijaya, Y. F. 2019. Analisis Instrumen Organizational Commitment-Modified dengan Pendekatan Mix Method. Jawa Barat: CV Jejak

Andriani, S., dkk. 2018. The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7), 19–29.

Ariana, I. W., dkk. 2015. Kontribusi supervisi kepala sekolah, motivasi berprestasi dan komitmen kerja terhadap kinerja guru di gugus sekolah VIII Kecamatan Abang. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1–11.

Arifin, H. M. 2015. The Influence of Competence, Motivation, and Organisational Culture to High School Teacher Job Satisfaction and Performance. International Education Studies, 8(1), 38–45. https://doi.org/10.5539/ies.v8n1p38

Bagiarta. 2018, 26 November. “Disorot, Guru yang Tidak Serius Kerja dan Suka Matajen”. Balipost. Tersedia pada: http://www.balipost.com/news/ 2018/11/26/62164/Disorot,Guru-yang-Tak-Serius...html.

Busro, M. 2018. Teori-teori Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Grup

Cahyono, E. W. 2019. The Power of Gratitude: Kekuatan Syukur dalam Menurunkan Stress Kerja. Yogyakarta: Deepublish

Darmadi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan “Melejitkan Produktivitas Kerja Kepala Sekolah dan Faktor-faktor yang Memengaruhi”. Yogyakarta:Deepublish.

Darsono, A. O. 2015. Hubungan Antara Stresor Kerja dan Komunikasi Interpersonal dengan Kinerja Guru Di Sdk Penabur Gading Serpong. Psiko Edukasi, 13(1), 13–27.

Djaali & Muljono. 2007. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Duli, N. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Fitria, H. 2018. The Influence Of Organizational Culture And Trust Through The Teacher Performance In The Private Secondary School In Palembang. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Fredianto, D. 2016. Hubungan antara Motivasi Kerja dan Kedisiplin dengan Kinerja Guru di SD. Manajer Pendidikan, 10(4).

Gunawan, C. 2020. Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition Buku untuk Orang yang (Merasa) Tidak Bisa dan Tidak Suka Statistika. Yogyakarta: Deepublish.

Hadi, C. & Hanurawan, F. 2017. Psikologi Industri dan Organisasi. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Hardono, H., dkk. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management, 6(1), 26–33.

Kusumaputri, E. S. 2018. Komitmen pada Perubahan Organisasi (Perubahan Organisasi dalam Perspektif Islam dan Psikologi). Yogyakarta: Deepublish.

Mahlinda, L. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SDN 077 Sekip. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 1(1), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.37507/map.v1i01.39

Majidah, R. A., dkk. 2019. Analisis Pengaruh Faktor Demografi, Upah Kerja, Motivasi Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB Swasta di Cirebon. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(4), 517–524.

Mangkunegara, A. A. A. P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan Emosi Guru, Stres Kerja, dan Kinerja Guru SMA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2), 142–155. https://doi.org/DO - 10.21831/jk.v45i2.7491

Maryati, T. 2017. Dampak Kepuasan Kerja dan Stres Kerja Dalam Peningkatan Kinerja Guru SLB Negeri1 Bantul. Jurnal Manajemen Bisnis; Vol 8, No 2 (2017).

Mohtar, I. 2019. Hubungan antara Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja dengan Kinerja Guru Madrasah. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Prayoga, S., & Yuniati, S. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(1), 54–60.

Purnomo, N. R. 2018, 24 Maret. “Guru SMA di Denpasar Cabuli Siswinya Sendiri, Setelah Ancam Nilai Jelek”. Tribunnews. Tersedia pada: https:// www.tribunnews.com/pendi dikan/2018/03/24/guru-sma-di-den pasar-cabul-siswinya-sendiri-sete lahancam-beri-nilai-jelek. Diakses pada: 5 Juli 2019

Rismawati & Mattalata. 2018. Evaluasi Kinerja: Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan. Makasar: Celebes Media Perkasa.

Rusmana, A., dkk. 2019. The Future of Organizational Communication in The Industrial Era 4.0. Bandung: Media Akselerasi.

Saleh, M. 2016. Komunikasi dalam Kepemiminan Organisasi. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Saleh, L. M., dkk. 2019. Teknik Relaksasi Otot Progresif pada Air Traffinc Controller (ATC). Yogyakarta: Deepublish.

Setiyati, S. 2014. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 200–206.

Solichin, M. R. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Akademik Lulusan Pada Sma RSBI di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 14. https://doi. org/10.26740/jepk.v1n1.p14-25

Supardi, S., dkk. 2017. Hubungan antara Budaya Organisasi, Stres Kerja dengan Kinerja Guru di SMA. Manajer Pendidikan, 11(1).

Suprihanto, J. 2014. Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Supriyono, R. A. 2018. Akuntansi Keperilakuan. Yogyakarta:Gadjah Mada University

Suryani, N. K., dkk. 2019. Buku Ajar Perilaku Organisasi. Badung: Nilacakra

Susanto, A. 2016. Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Kencana

Sutrisno, E. 2018. Budaya Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Grup

Undang-undang Republik Indonesia no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia pada: http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/ UU20-2003Sisdiknas.pdf. Diakses pada: 5 Juli 2019.

Utamaningsih, A. 2014. Perilaku Organisasi. Malang: Universitas Brawijaya Press

Wahyuni, D. U., dkk. 2014. Influence of organizational commitment, transactional leadership, and servant leadership to the work motivation, work satisfaction and work performance of teachers at private senior high schools in Surabaya. Educational Research International, 3(2), 82–96.

Widiasmara, A. 2014. Pengaruh Motivasi, Tingkat Pendidikan, Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja dan Insentif terhadap Kinerja Guru dan Karyawan SMK Yayasan Pendidikan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Widya Warta, 1(38).

Yenita, R. N. 2017. Higiene Industri. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.