KONTRIBUSI SERTIFIKASI GURU, MOTIVASI KERJA DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

I Putu Ardana, I Made Yudana, Dewa Gede Hendra Divayana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi antara sertifikasi guru, motivasi kerja, dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga, Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan sampel 80 orang.  Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi dan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan tehnik regresi sederhana, regresi ganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kontribusi yang segnifikan  sertifikasi guru terhadap kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga dengan kontribusi  sebesar 38 % dan sumbangan efektif (SE) sebesar 14,9%,  terdapat kontribusi yang segnifikan  motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga sebesar 47,4 % dan sumbangan efektif (SE) sebesar 21,2 %, terdapat kontribusi yang segnifikan  supervisi akademik kepala sekolah  terhadap kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga sebesar 42,9 % dan sumbangan efektif (SE) sebesar 20,8 %. dan secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan antara sertifikasi guru, motivasi kerja,supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga.  sebesar 56,9% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara sertifikasi guru, motivasi kerja, supervisi akademik kepala sekolah  terhadap kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga baik secara terpisah maupun secara simultan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.