KONTRIBUSI SERTIFIKASI GURU, MOTIVASI KERJA DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi antara sertifikasi guru, motivasi kerja, dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga, Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan sampel 80 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi dan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan tehnik regresi sederhana, regresi ganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kontribusi yang segnifikan sertifikasi guru terhadap kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga dengan kontribusi sebesar 38 % dan sumbangan efektif (SE) sebesar 14,9%, terdapat kontribusi yang segnifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga sebesar 47,4 % dan sumbangan efektif (SE) sebesar 21,2 %, terdapat kontribusi yang segnifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga sebesar 42,9 % dan sumbangan efektif (SE) sebesar 20,8 %. dan secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan antara sertifikasi guru, motivasi kerja,supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga. sebesar 56,9% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara sertifikasi guru, motivasi kerja, supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Marga baik secara terpisah maupun secara simultan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3330
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.