Kontribusi Iklim Kerja Sekolah, Supervisi Klinis, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK PGRI Denpasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi iklim kerja sekolah, supervise klinis, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMK PGRI Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang guru tetap yayasan. Alat pengumpulan data berupa kuisioner menggunakan Skala Likert. Analisis data dengan Teknik regresi ganda, korelasi parsial, uji F, uji t, dan uji Koefesien Determinas dengan bantuan Microsoft Excel 2010 menggunakan Data Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi signifikan antara iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru sebesar 18,72%, (2) terdapat kontribusi signifikan antara supervisi klinis terhadap kinerja guru sebesar 67,48%, (3) terdapat kontribusi signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 6,26%, (4) terdapat kontribusi tidak signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,44%, (5) secara bersama-sama terdapat kontribusi yang signifikan antara iklim kerja sekolah, supervisi klinis, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMK PGRI Denpasar sebesar 93,63%.
Kata Kunci: iklim kerja sekolah; supervisi klinis; motivasi kerja; kepuasan kerja; kinerja guru.
Full Text:
PDFReferences
Agung, A. A. Gede. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Suatu Pengantar). Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Buku Ajar). Singaraja: Aditya Media.
Agung, A. A. Gede. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A. A. Gede. 2017. Statistika Inferensial untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Andrianto, Sopan. 2019. Peneroka Kepemimpinan Sekolah. Jakarta: PT Elek Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Candiasa, Md. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.
Edison, Emron, dkk. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Fairy, Oktavia, Princes Siluh Nyoman. dkk. 2019. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru Di SMPK 1 Harapan Denpasar. Undiksha: Singaraja.
Handayani, Setyawati Nurul. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pengelola Perpustakaan di Balai Layanan Perpustakaan BPAD Derah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta:UIN Sunan Kalijaga.
Hasibuan, 2009. Faktor-faktor yang Memepengaruhi Disiplin Kerja. Tersedia pada: www.google.com.Repository.uin-suska.ac.id. Diakses pada: 22 Januari 2020.
Hasibuan, Melayu S.P 2009 Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Bumi Aksara.
Hidayat dan Imam Machali, Ara. 2010. Pengelolaan Pendidikan, Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, cetakan 1. Bandung: Pustaka Educa.
Karwati, Euis. dan Priansa, Donni Juni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.
Laksmi, Ni Luh Putu Sri, dkk. 2019. Hubungan Kepemimpinan Pelayan, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru di Gugus Paud Tunjung Kecamatan Denpasar Utara. Singaraja: Undiksha.
Mahardika, I Wayan Agus, dkk. Kontribusi Supervisi Klinis, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb), dan Promosi Kepangkatan terhadap Motivasi Kerja Guru SMP di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Singaraja: Undiksha.
Mangkunegara, Anwar Prabu.2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Ros Dakarya.
Monika, I Gusti Ayu. 2019. Determinasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Etos Kerja Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Pariwisata Harapan Denpasar. Undiksha: Singaraja.
Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan (Teori, Kebijakan, dan Praktik). Jakarta: Prenadamedia Group.
Musriadi. 2018. Profesi Kependidikan Secara Teoretis dan Aplikatif. Yogyakarta: Deepublish.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.
Permendikbud No 65 tahun 2013 tentang Standar Proses.
Purwanto, Ngalim. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ratmini, Nyoman, Ayu, dkk. 2019. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 2 Singaraja. Singaraja: Undiksha.
Ratna, Ayu, dkk. 2019. Determinasi Servant Leadership, Karakteristik Individu, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Guru di SMAN 1 Gianyar. Singaraja: Undiksha.
Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter. 2005. Management, 7th Edition. Alih Bahasa T. Hermaya dan Hary Slamet. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Pengembangan Profesionalisme Guru, cetakan 6. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Simamora, Henry. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: YKPN.
SP Malayu, Hasibuan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Subagia, Febriana, dkk. 2019. Kontribusi Supervisi Klinis Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Tunjangan Profesi terhadap Kepuasan Kerja Guru TK di Kecamatan Kuta Utara. Singaraja: Undiksha.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitantif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Suharsaputra, Uhar. 2012. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Sukayana, I Wayan, dkk. 2019. Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK
Kerthawisata Denpasar. Singaraja: Undiksha.
Susanto, Ahmand. 2016. Konsep, Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamadia Group.
Syukur, Fatah. 2010. Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Triyanah, Tia, dkk. 2016. Iklim Sekolah Sebagai Determinan Semangat Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jawa Barat: Universitas Pendidikan Indonesia
Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Usman, Moh. Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional, cetakan 25. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru : Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional, cetakan 1. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widhiarso, Wahyu. 2011. Menghitung Sumbangan Efektif tiap Faktor atau Aspek. UGM:Yogyakarta.
Yudana, I Made, dkk. 2019. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMPK 1 Harapan Denpasar. Singaraja: Undiksha.
Yudana, I Made. 2011. Buku Ajar Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Singaraja: Undiksha.
Yudana, I Made. 2016. Clinical Supervision How Improve Teacher Do Their Job Better. Singaraja: Undiksha
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.