Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Gugus VI Kecamatan Mengwi

Authors

  • I.M. Datariana Universitas Pendidikan Ganesha
  • K.R. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.P.W. Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3410

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi sertifikasi guru terhadap profesionalisme guru , kontribusi motivasi kerja terhadad profesionalisme guru, kontribusi supervisi akademik terhadap profesionalisme guru dan secara bersama-sama kontribusi serfitifikasi guru,motivasi kerja, sepervisi akademik terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Di Gugus VI Kecamatan Mengwi. Penelitian ini merupakan penelitian “ëx-post facto†dengan banyak sample 78 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan tehnik regresi sederhana, regresi berganda dan kolerasi parsial. Hasil penelitian menunujukkan bahwa : (1) terdapat kontribusi yang signifikan sertifikasi guru terhadap profesionalisme guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,670 dan kontribusi parsial sebesar 44,9%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,736 dan kontribusi parsial sebesar 54,2%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan supervisi akademik terhadap profesionalisme guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,637 dan kontribusi parsial sebesar 40,6%, (4) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan sertifikasi guru, motivasi kerja, supervisi akademik terhadap profesionalisme guru dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,815 kontribusi sebesar 66,4%. Dengan demikian, ketiga variabel di atas, dapat memprediksi terjadinya tingkat kecenderungan profesionalisme guru Sekolah Dasar di  Gugus VI Kecamatan Mengwi.

Kata Kunci: Sertifikasi Guru; Motivasi Kerja; Supervisi; Profesionalisme Guru.

Downloads

Published

2020-12-22

Issue

Section

Articles