Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Gugus VI Kecamatan Mengwi

I.M. Datariana, K.R. Dantes, I.P.W. Ariawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi sertifikasi guru terhadap profesionalisme guru , kontribusi motivasi kerja terhadad profesionalisme guru, kontribusi supervisi akademik terhadap profesionalisme guru dan secara bersama-sama kontribusi serfitifikasi guru,motivasi kerja, sepervisi akademik terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Di Gugus VI Kecamatan Mengwi. Penelitian ini merupakan penelitian “ëx-post facto” dengan banyak sample 78 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan tehnik regresi sederhana, regresi berganda dan kolerasi parsial. Hasil penelitian menunujukkan bahwa : (1) terdapat kontribusi yang signifikan sertifikasi guru terhadap profesionalisme guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,670 dan kontribusi parsial sebesar 44,9%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,736 dan kontribusi parsial sebesar 54,2%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan supervisi akademik terhadap profesionalisme guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,637 dan kontribusi parsial sebesar 40,6%, (4) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan sertifikasi guru, motivasi kerja, supervisi akademik terhadap profesionalisme guru dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,815 kontribusi sebesar 66,4%. Dengan demikian, ketiga variabel di atas, dapat memprediksi terjadinya tingkat kecenderungan profesionalisme guru Sekolah Dasar di  Gugus VI Kecamatan Mengwi.

Kata Kunci: Sertifikasi Guru; Motivasi Kerja; Supervisi; Profesionalisme Guru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.