Determinasi Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Buleleng

N. Karuna, I.G.K.A. Sunu, K.R. Dantes

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat determinasi kepemimpinan transformasional, etos kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar Gugus I Kecamatan Buleleng. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui besaran determinasi kepemimpinan transformasional, etos kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar Gugus I Kecamatan Buleleng.  Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan besar sampel 43 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada determinasi yang signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Buleleng, dengan koefisien korelasi sebesar 0,678 dan sumbangan efektifnya sebesar 21,34%. 2) ada determinasi yang signifikan antara etos kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Buleleng. dengan koefisien korelasi sebesar 0,689 dan sumbangan efektifnya sebesar 20,74%. 3) ada determinasi yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Buleleng, dengan koefisien korelasi sebesar 0,772 dan sumbangan efektifnya sebesar 34,15%. 4) secara bersama-sama, ada determinasi yang signifikan antara kepemimpinan transformasional, etos kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Buleleng, dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,873 dan determinasinya sebesar 76,2% terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Buleleng. Dapat disimpulkan terdapat determinasi yang signifikan kepemimpinan transformasional, etos kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Buleleng.

 

Kata kunci: Kepemimpinan transformasional; Etos kerja; Kepuasan kerja; Kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede. 2012. Staristik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Agung, A. A. Gede. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Arikunto, S. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.

Ismawantini, Ni Ketut Liesvi. I Nyoman Natajaya. I Gusti Ketut Arya Sunu. 2019. Kontribusi Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 3 Banjar. Jurnal Administrasi Pendidikan indonesia, Vol. 10 No. 2, Bulan April Tahun 2019.

Princes Oktavia Fairy, Siluh Nyoman. I Made Yudana. Dewa Gede Hendra. 2019. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMPK 1 Harapan Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan indonesia, Vol. 10 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2019.

Ratna, Ayu. I Nyoman Natajaya. Kadek Rihendra Dantes. 2019. Determinasi Servant Leadership, Karakteristik Individu, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Guru Di Sman 1 Gianyar. Jurnal Administrasi Pendidikan indonesia, Vol. 10 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2019.

Sukayana, I Wayan. Made Yudana, Dewa Gede Hendra Divayana. Kontribusi Kepemimpinan Transformasional,Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan indonesia, Vol. 10 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2019.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.