Kontribusi Sikap Profesional, Etos Kerja, dan Tunjangan Sertifikasi Terhadap Komitmen Organisasional Guru di Sekolah Dasar

P. Suparmi, I.N. Natajaya, A.A.G. Agung

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat kontribusi sikap profesional, etos kerja dan  tunjangan sertifikasi terhadap komitmen organisasional guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Singaraja. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui besaran kontribusi sikap profesional, etos kerja dan  tunjangan sertifikasi terhadap komitmen organisasional guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Singaraja.  Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan besar sampel 144 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada kontribusi yang signifikan antara sikap profesional terhadap komitmen organisasional guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Singaraja, dengan koefisien korelasi sebesar 0,489 dan sumbangan efektifnya sebesar 8,69%. 2) ada kontribusi yang signifikan antara etos kerja terhadap komitmen organisasional guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Singaraja. dengan koefisien korelasi sebesar 0,572 dan sumbangan efektifnya sebesar 17%. 3) ada kontribusi yang signifikan antara tunjangan sertifikasi terhadap komitmen organisasional guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Singaraja, dengan koefisien korelasi sebesar 0,562 dan sumbangan efektifnya sebesar 18,64%. 4) secara bersama-sama, ada kontribusi yang signifikan antara sikap profesional, etos kerja, dan tunjangan sertifikasi terhadap komitmen organisasional guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Singaraja, dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,666 dan kontribusinya sebesar 44,3% terhadap komitmen organisasional guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Singaraja.

 

Kata kunci: Etos kerja; Komitmen organisasional; Sikap profesional; Tunjangan sertifikasi.


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Cahyadi, Muhammad. 2018. Hubungan Antara Etos Kerja Dengan Komitmen Organisasi Karyawan PT. Sabina Tirta Utama Samarinda. Jurnal PSIKOBORNEO. Volume 6, Nomor 4, 2018 : 1-14.

Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.

Ismail & Herman Sjahruddin. 2018. Pengaruh Profesionalisme dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Organisasi Dan Manajemen. Issue 1 (Agustus, 2018) Hal. 99~112.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kurniawan, Bachtiar Dwi. 2011. Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Rangka Meningkatkan Profesionalitas Guru di Yogyakarta. Jurnal Studi Pemerintahan. Vol 2(2), 259-278.

Peraturan Mendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan

Putra, Purniadi. 2017. Pengaruh Kinerja Guru Bersertifikasi dan Belum Bersertifikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MIN Se-Kabupaten Sambas. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1(1), 2017, 14-26.

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Waterkamp, dkk. 2017. Pengaruh Profesionalisme, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Manado. Jurnal EMBA .Vol.5 No.2 September 2017, Hal.2808-2818.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.