Evaluasi Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter

I.M. Wiratnyana, I.M. Yudana, D.G.H. Divayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksaaan program penguatan pendidikan karakter dilihat dari variabel konteks, input, proses dan produk di SMP Negeri 1 Tabanan. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif menggunakan model CIPP (context, input, process dan product). Subjek penelitian ini adalah 70 orang terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala urusan, tata usaha, komite sekolah, guru, orang tua siswa, serta perwakilan siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan danalisis secra deskriptif kuantitatif diklasifikasikan ke dalam lima kategori, yaitu: sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Hasil  analisis  ditemukan  bahwa  (1)  komponen  konteks  (context)  mendukung pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter dengan kategori efektivitas sangat baik dengan rata-rata capaian sebesar 88,832, (2) komponen masukan (input) mendukung pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter dengan kategori efektivitas sangat baik dengan rata-rata capaian sebesar 86,180, (3) komponen proses (process) mendukung pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter dengan kategori efektivitas sangat baik dengan rata-rata capaian sebesar 85,053, dan (4) pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Tabanan telah mengahasilkan komponen produk (product) dengan kategori sangat efektif dengan rata-rata capaian sebesar 84,081. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) di SMP Negeri 1 Tabanan memiliki kategori efektivitas sangat baik dilihat dari variabel konteks, input, proses dan produk

 

Kata kunci: evaluasi; penguatan pendidikan karakter; model CIPP.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fernandes, H.J.X. 1984. Evaluation of Educational Programs, Evaluation and Curriculum Development. Jakarta.

Fernandes, H.J.X. 1984. Evaluation of Educational Programs, Evaluation and Curriculum Development. Jakarta

Gall, M.D., Gall, J. P., and Borg W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. 7th edition. Boston: Omegatype typography Inc.

Isaac, Stepen, W.B.M. 1989. Handbook in Research and Evaluation. San Diego California. University of Southern California. LA.

Koesoema, Doni. Suhardi, Didik. Muhammad, Hamid. 2017. Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru. Vol. 2. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lickona, Thomas. 1992. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1992.

Lickona, Tom; Schaps, Eric, dan Lewis, Catherine.2007. Eleven Principles of Effective Character Education. Character Education Partnership.

Musa, Subari. 2005. Evaluasi Program Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Y-Pin Indonesia.

Wiyanto. 2007. “Supervisi Pendidikan IPA Bercirikan Dialog Profesional Kesejawatan dalam Konteks Pelaksanaan MBS”. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan 36, No. 1 (Juni 2007).




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.