Studi Evaluatif Efektifitas Pengelolaan Perpustakaan Sekolah di SMAN 4 Denpasar

A.A.Pt.Dharma Pratyaksa P.

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) masalahumum yaitu efektifitas pelaksanaan program pengelolaan perpustakaan sekolah padaSMAN 04 Denpasar. 2) Masalah khusus yaitu (1) komponen konteks programpengelolaan perpustakaan sekolah pada SMAN 04 Denpasar, (2) komponen input padaprogram pengelolaan perpustakaan sekolah pada SMAN 04 Denpasar, (3) komponenproses program pengelolaan perpustakaan sekolah pada SMAN 04 Denpasar, (4)komponen produk program pengelolaan perpustakaan sekolah pada SMAN 04Denpasar, (5) kendala yang dijumpai selama pelaksanaan program pengelolaanperpustakaan sekolah.Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Denpasar dengan melibatkankepala sekolah, guru, pustakawan/petugas perpustakaan, dan siswa dari unsur OSIS.Penentuan subyek penelitian dengan teknik purposive sampling, yakni warga sekolahyang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sekolah sebanyak 130orang. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif – kuantitatif. Pengumpulan datadilakukan dengan instrumen berbentuk kuisioner. Untuk menentukan tingkatefektivitas pelaksanaan program pengelolaan perpustakaan sekolah, data T-Skordikonversikan ke dalam kuadran Prototipe efektivitas pengelolaan perpustakaansekolahDari hasil analisis menunjukkan bahwa (1) komponen konteks, input, proses,dan produk dperoleh hasil yang positif (++++). (2) pada komponen konteks efektivitasdalam kualifikasi efektif (+), (3) pada komponen input sebagai sebagai daya dukungefektivitas tergolong kualifikasi efektif (+), dari masing-masing komponen input tidakditemui adanya kendala. (4) pada komponen proses tergolong kualifikasi efektif (+),dari masing-masing komponen proses masih memiliki kedala yaitu tidak efektif (-)pada komponen siswa. (5) pada komponen Produk tergolong kualifikasi efektif (+),dari masing-masing komponen produk tidak ditemui adanya kendala.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada kepala sekolahhendaknya lebih meningkatkan dan mengintensifkan sistem pengelolaan perpustakaansekolah dan mensosialisasi kepada warga sekolah terutama guru, pustakawan dansiswa.

Kata Kunci: Studi Evaluatif, Efektivitas pengelolaan perpustakaan sekolah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i1.388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.