KONTRIBUSI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT), MOTIVASI BERPRESTASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) DI KABUPATEN JEMBRANA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi variabel : (1)pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) terhadap kinerja guru pada MadrasahIbtidaiyah Negeri (MIN) di Kabupaten Jembrana, (2) motivasi berprestasiterhadap kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di KabupatenJembrana, (3) lingkungan kerja terhadap kinerja guru pada Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Kabupaten Jembrana, dan (4) pendidikan dan pelatihan (DIKLAT),motivasi berprestasi, dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerjaguru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Kabupaten Jembrana.Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru MIN di KabupatenJembrana yang pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan berjumlah 88 orang,diambil 30 orang guru sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposivesampling. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex-post facto. Datadalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner pendidikan danpelatihan (DIKLAT), motivasi berprestasi, lingkungan kerja, dan kinerja guru.Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi jamak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat kontribusi yangsignifikan pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja guru sebesar 26,7 %, (2)terdapat kontribusi yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja gurusebesar 34,4 %, (3) terdapat kontribusi yang signifikan lingkungan kerja terhadapkinerja guru sebesar 31,5 %, (4) terdapat kontribusi yang signifikan secarabersama-sama antara pendidikan dan pelatihan, motivasi berprestasi, danlingkungan kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 61,0 %.Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapatkontribusi yang positif dan signifikan pendidikan dan pelatihan, motivasiberprestasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru pada Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) di Kabupaten Jembrana, baik secara terpisah maupun simultan.
Kata kunci : pendidikan dan pelatihan (DIKLAT), motivasi berprestasi,lingkungan kerja, kinerja guru.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.