DETERMINAN MOTIVASI KERJA, STATUS SOSIAL EKONOMI, DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP NIAT BERWIRASWASTA SISWA SMK PARIWISATA TRIATMA JAYA DALUNG KABUPATEN BADUNG PROPINSI BALI

Ayu Putu Dyah Aryadewi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan beberapa faktor nonintelek terhadap niat berwiraswasta pada Siswa SMK Pariwisata Triatma JayaDalung Kabupaten Badung Propinsi Bali. Penelitian ini adalah jenis penelitianekspost-facto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi kerja, statussosial ekonomi, dan pola asuh orang tua. Sedangkan variabel terikatnya adalahniat berwiraswasta. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalahkuisioner tentang motivasi kerja, status sosial ekonomi, dan niat berwiraswasta.Instrumen ini dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan mengacu pada prinsipprinsippengembangan instrumen dan standarisasi pengembangan instrumen yangdibenarkan secara ilmiah.Penelitian ini dilakukan di SMK Pariwisata Triatma Jaya DalungKabupaten Badung, Propinsi Bali. Sampel penelitian ini berjumlah 280 orangsiswa kelas X. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda.Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat determinasiyang signifikan antara motivasi kerja terhadap niat berwiraswasta siswa SMKPariwisata Triatma Jaya Dalung Kabupaten Badung. melalui persamaan regresiYˆ = 61.107 + 0.332 X1. 2) terdapat determinasi yang signifikan antara status sosialekonomi dengan niat berwiraswasta siswa SMK Pariwisata Triatma Jaya DalungKabupaten Badung. Untuk menguji hipotesis ini digunakan tehnik analisis regresibivariat, analisis yang dilakukan menghasilkan persamaan regresi Yˆ = 81.148 +0.152 X2. 3) terdapat determinasi yang signifikan antara pola asuh orang tuadengan niat berwiraswasta siswa SMK Pariwisata Triatma Jaya DalungKabupaten Badung. Untuk menguji hipotesis ini digunakan tehnik analisis regresibivariat, analisis yang dilakukan menghasilkan persamaan regresi Yˆ = 85.467 +0.119 X3. 4) terdapat determinasi yang signifikan secara bersama-sama antaramotivasi kerja, status sosial ekonomi, dan pola asuh orang tua dengan niatberwiraswasta siswa SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung. Untuk mengujihipotesis ini digunakan tehnik analisis regresi bivariat. Analisis yang dilakukanmenghasilkan persamaan regresi Yˆ = 47.772 + 0,304X1 + 0,107X2 + 0,100X3.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat determinasiyang signifikan faktor non intelek yaitu motivasi kerja, status sosial ekonomi, polaasuh orang tua terhadap niat berwiraswasta siswa SMK Pariwisata Triatma JayaDalung Kabupaten Badung Propinsi Bali.

Kata Kunci : Determinan, faktor non intelek, dan niat berwiraswasta


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.