KONTRIBUSI SARANA PRASARANA, LAYANAN ADMINISTRATIF, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KEPUASAN BELAJAR (STUDI TENTANG PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 SUKAWATI)

Authors

  • Desak Nyoman Puspayani

DOI:

https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.395

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besaran kontribusi saranaprasarana terhadap kepuasan belajar siswa di SMA N 1 Sukawati, (2) besarankontribusi layanan administratif terhadap kepuasan belajar siswa di SMA N 1Sukawati, (3) besaran kontribusi kompetensi profesional guru terhadap kepuasanbelajar siswa di SMA N 1 Sukawati, dan (4) besaran kontribusi antara saranaprasarana, layanan administratif, kompetensi profesional guru secara bersamasamaterhadap kepuasan belajar siswa di SMA N 1 Sukawati.Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto dengan teknikkorelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 837 siswa. Pengambilan sampeldalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling denganukuran sampel sebanyak 250 siswa.Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi saranaprasarana terhadap kepuasan belajar siswa pada SMA N 1 Sukawati dengankontribusi sebesar 32,0%, (2) terdapat kontribusi layanan administratif terhadapkepuasan belajar siswa pada SMA N 1 Sukawati dengan kontribusi sebesar29,6%, (3) terdapat kontribusi kompetensi profesional guru terhadap kepuasanbelajar siswa pada SMA N 1 Sukawati dengan kontribusi sebesar 39,4%, dan(4) terdapat kontribusi sarana prasarana, layanan administratif, dan kompetensiprofesional guru terhadap kepuasan belajar siswa pada SMA N 1 Sukawati dengankontribusi sebesar 50,2%.Berdasarkan temuan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwaterdapat kontribusi sarana prasarana, layanan administratif, dan kompetensiprofesional guru terhadap kepuasan belajar siswa pada SMA N 1 Sukawati.

Kata-kata kunci: sarana prasarana, layanan administratif, kompetensi profesionalguru, dan kepuasan belajar

Downloads

Published

2012-06-27

Issue

Section

Articles