KONTRIBUSI LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH SMA/SMK SE KABUPATEN BADUNG

Ernis Titah Saridewi

Abstract


Abstrak

Kata-kata kunci: Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Pengalaman Kerja, Kinerja Kepala Sekolah

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi (1) lingkungan kerja, (2) motivasi, (3)pengalaman kerja dan (4) secara bersama-sama lingkungan kerja, motivasi dan pengalaman kerjaterhadap kinerja Kepala Sekolah SMA/SMK se Kabupaten Badung.Populasi subyek penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah SMA/SMK se KabupatenBadung yang berjumlah 36 orang. Sesuai dengan formula Taro Yamane dan Slavin banyaknyaanggota sampel adalah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionalrandom sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkandengan kuesioner, yang dianalisis dengan regresi sederhana, regresi ganda, korelasi parsial dananalisis determinasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi lingkungan kerja terhadapkinerja kepala sekolah SMA/SMK se Kabupaten Badung secara signifikan, dengan kontribusisebesar 44,3% dan sumbangan efektif sebesar 18,7%, (2) terdapat kontribusi motivasi sekolahterhadap kinerja kepala sekolah SMA /SMK se Kabupaten Badung secara signifikan, dengankontribusi sebesar 48,0% dan sumbangan efektif sebesar 19,2%, (3) terdapat kontribusipengalaman kerja guru terhadap kinerja kepala sekolah secara signifikan SMA/SMK seKabupaten Badung, dengan kontribusi sebesar 41,3% dan sumbangan efektif sebesar 21,0%, dan(4) secara bersama-sama terdapat kontribusi lingkungan kerja, motivasi dan pengalaman kerjaterhadap kinerja kepala sekolah secara signifikan pada SMA Negeri di Kabupaten Badung,dengan kontribusi sebesar 58,7%.Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap profesional guru, iklim kerjasekolah dan pengalaman kerja guru dijadikan prediktor tingkat kecenderungan kinerja guru padaSMA Negeri di Kabupaten Badung.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.