EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SMKN 3 SINGARAJA

Authors

  • FARIAH SUTEDJO

DOI:

https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.419

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan programRintisan Sekolah bertaraf Internasional di SMK Negeri 3 Singaraja ditinjau darisegi context, input, process, product, serta untuk mengetahui kendala- kendalayang terjadi dalam pelaksanaan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasionaldi SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3Singaraja dengan menggunakan evaluasi model CIPPHasil analisis data menunjukkan bahwa variabel context, variabel input,variabel process dan variabel product termasuk katagori efektif. Secara umumberdasarkan analisis CIPP pelaksanaan program RSBI di SMK Negeri 3 Singarajatermasuk katagori efektif. Kendala- kendala yang terjadi dalam pelaksanaanprogram RSBI di SMK Negeri 3 Singaraja antara lain penggunaan bahasa Inggrisdalam pengajaran Matematika, Sain, dan mata pelajaran Produktif. Pemenuhanpenggunaan ICT dalam pembelajaran dan manajemen, beban 24 jam mengajardan tuntutan administrasi yang tinggi, mengakibatkan kelelahan dan kejenuhan.

Kata Kunci : Evaluasi, Program, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Downloads

Published

2012-02-11

Issue

Section

Articles