Determinasi Perilaku Kepemimpinan, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru Produktif Di Smk Negeri 3 Singaraja (Studi Persepsi Pada Para Guru)

Gede Widiasa

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Singaraja dan dirancang dengan tujuanuntuk mengetahui ada tidaknya : (1) Determinasi Perilaku Kepemimpinan Kepala SekolahTerhadap Kineja Guru Produktif, (2) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah TerhadapKinerja Guru Produktif, (3) Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru produktif dan (4)Determinasi Perilaku kepemimpinan Kepala Sekolah Kompetensi Manajerial KepalaSekolah dan Iklim Kerja Sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru produktif.Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan jumlah populasi 102 gurudengan menggunakan proporsional random sampling. Data diambil dengan teknik angketdan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistic deskriptif dan regresi. Hasilpenelitian menunjukan beberapa hal:(1) ada determinasi yang signifikan perilakukepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Singaraja (2)determinasi yang signifikan iklim kerja sekolah dengan kinerja guru SMK negeri 3Singaraja (3) ada determinasi yang signifikan kompetensi manajerial kepala sekolahterhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Singaraja (4) ada determinasi yang signifikan perilakukepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja sekolah, dan kompetensi manajerial kepalasekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Negeri 3 Singaraja.

Kata Kunci : Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Manajerial KepalaSekolah, Iklim Kerja Sekolah dan Kinerja Guru Produktif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.