KONTRIBUSI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN, TINGKAT KEMATANGAN GURU, TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN GIANYAR

I Gusti Putu Gunawan

Abstract


ABSTRAK

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Pelaksanaan Supervisi Pengajaran, TingkatKematangan, Kinerja Guru

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) kontribusigaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Pada SMA Negeri diKabupaten Gianyar, (2) kontribusi pelaksanaan supervisi pengajaran terhadap kinerjaguru pada SMA Negeri di Kabupaten Gianyar, (3) kontribusi kematangan guruterhadap kinerja guru pada SMA Negeri di Kabupaten Gianyar, (4) kontribusi gayakepemimpinan kepala sekolah, pelaksanaan supervisi pengajaran guru dan tingkatkematangan guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada SMA Negeri diKabupaten Gianyar.Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto yang berbentuk korelasionaldengan sampel mencakup guru-guru di kabupaten Gianyar, yang berjumlah 156orang. Penelitian ini adalah survei. Data dikumpulkan dengan menggunakankuisioner untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah, pelaksanaan supervisipengajaran guru, tingkat kematangan guru dan kinerja guru. Penyusunan kuesionerdilakukan dengan menggunakan model skala Likert. Data dianalisis denganmenggunakan regresi sederhana, regresi ganda, dan analisis korelasi parsial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikandari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMA Negeri diKabupaten Gianyar dengan kontribusi sebesar 93,3%, sumbangan efektif (SE)sebesar 44,8%, dan determinasi parsial sebesar 15,05%. (2) Terdapat kontribusi yangsignifikan dari pelaksanaan supervisi pengajaran guru terhadap kinerja guru padaSMA Negeri di Kabupaten Gianyar dengan kontribusi sebesar 20,1%, sumbanganefektif (SE) sebesar 93,7%, dan determinasi parsial sebesar 14,28%. (3) Terdapatkontribusi yang signifikan dari tingkat kematangan guru terhadap kinerja guru padaSMA Negeri di Kabupaten Gianyar terhadap kontribusi sebesar 41,2%, sumbanganefektif (SE) sebesar 5,3%, dan determinasi parsial sebesar 7,8%.(4) Terdapatkontribusi yang signifikan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah, pelaksanaansupervisi pengajaran guru dan tingkat kematangan guru terhadap kinerja guru padaSMA Negeri di Kabupaten Gianyar dengan kontribusi sebesar 94,9%. Berdasarkantemuan tersebut disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan dari gayakepemimpinan kepala sekolah, pelaksanaan supervisi pengajaran, tingkat kematanganguru terhadap kinerja guru pada SMA Negeri di kabupaten Gianyar. Gayakepemimpinan kepala sekolah yang terbentuk memberikan kontribusi yang palingbesar. Hal ini berarti bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan prediktoryang paling dominan dalam meningkatkan kinerja guru pada SMA Negeri diKabupaten Gianyar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.